Haaland Datang, Bagaimana Nasib Phil Foden? - Vivagoal.com
Haaland Datang, Bagaimana Nasib Phil Foden?
Sumber: Twitter @PhilFoden

Haaland Datang, Bagaimana Nasib Phil Foden?

Muhammad Ilham - June 15, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga InggrisManchester City resmi mendatangkan penyerang Borussia Dortmund, Erling Haaland. Hal tersebut menimbulkan pertanyaan: Bagaimana nasib Phil Foden musim depan?

Man City akhirnya mendatangkan penyerang murni pada bursa transfer musim panas. Ia adalah Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Haaland didatangkan dengan harga yang sejatinya tidak terlalu mahal, yakni 54,6 juta + 11,8 juta poundsterling.

Kedatangan Haaland juga menjadi ‘angin segar’ bagi skuat Man City. Pasalnya, sejak dahulu, The Citizens tidak memiliki penyerang murni. Gol-gol yang disarangkan skuat Man City musim ini juga mayoritas berasal dari pemain-pemain gelandang seperti Kevin De Bruyne dan Ilkay Gundogan.

Akan tetapi, kedatangan Haaland juga melahirkan pertanyaan baru: Bagaimana nasib Phil Foden musim depan?


Baca Juga:


Musim 2021/22, Phil Foden memang murni bermain sebagai false nine. Pep Guardiola sebagai pelatih Man City juga biasanya merotasi dirinya dengan Kevin De Bruyne. Namun, musim depan pasti akan berbeda, mereka akan kehadiran pemain bernomor sembilan murni, yakni Erling Haaland, dan juga kemungkinan Julian Alvarez dari River Plate.

Hal tersebut membuat dirinya harus siap berganti posisi. Dirinya mungkin akan dipindahkan ke posisi awalnya, yakni sebelah kiri dari tiga penyerang di depan. Biasanya, posisi tersebut diisi oleh Gabriel Jesus atau Raheem Sterling. Namun, kedua nama tersebut kemungkinan besar akan pergi dari Etihad Stadium pada musim panas.

Phil Foden juga bisa mengisi lini tengah. Ia pernah bermain di posisi tersebut dan membawa The Citizens menang melawan Leeds United pada awal Mei dengan skor 4-0. Banyaknya posisi yang diisi oleh Phil Foden di Man City membuat Pep Guardiola yakin bahwa sang pemain tidak akan mengeluh mengenai posisi yang akan ia dapatkan di musim depan.

“Bagi Phil, tanggung jawab tersebut bukan menjadi masalah. Sejak hari pertama datang ke panggung yang lebih besar, skenario yang lebih besar, hingga pertandingan yang lebih besar, itu tidak menjadi masalah buatnya. Ia sangat senang bermain,” ucap Pep Guardiola seperti yang dilansir Manchester Evening News.

Haaland Datang, Bagaimana Nasib Phil Foden?
Sumber: Twitter @PhilFoden

“Saya pikir pada waktunya ia akan bisa bermain di lini tengah. Dia masih memiliki kemampuan, kecepatan yang tinggi, jadi sekarang mungkin berada di posisi yang lebih melebar akan cocok untuknya.”

“Di akademi ketika saya melihatnya pada usia 16/17 tahun, Phil Foden bermain di posisi Kevin De Bruyne, dan wow. Dia bermain sangat bagus, serta kemampuannya sangat sangat cepat. Anda ingat David Silva? Beberapa saat, ia melambatkan untuk meningkatkan ritmenya, namun Phil Foden tidak. Ia selalu berada di ritme yang tinggi,” tambah Pep Guardiola.

Ungkapan Pep Guardiola tentang Phil Foden mengindikasikan bahwa dirinya akan bermain di lini tengah pada musim depan. Namun, itu semua hanya waktu yang bisa menjawab.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com