Jampi-Jampi Chiellini yang Buat Saka Gagal Eksekusi Penalti - Vivagoal.com
Ini dia Jampi-Jampi Chiellini Yang Buat Saka Gagal Eksekusi Penalti
Bukayo Saka, Foto: dok Sportstars.id

Jampi-Jampi Chiellini yang Buat Saka Gagal Eksekusi Penalti

A Hendra - July 14, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Ada hal menarik dari kegagalan eksekusi penalti yang dilakukan Bukayo Saka ke gawang Italia di partai Final Piala Eropa 2020 lalu. Ternyata, kapten Gli Azzurri Giorgio Chiellini sempat mengeluarkan jampi-jampi agar sepakan Saka tak bisa menembus Italia.

Timnas Italia berhasil menumbangkan Inggris pada final Piala Eropa 2020. La Nazionale menang dalam adu penalti 3-2 usai bermain imbang 1-1 hingga babak extra time.

Salah satu penentu kemenangan Italia itu adalah kegagalan penendang kelima Inggris, yakni Bukayo Saka dalam menjebol gawang Gli Azzurri. Sepakan dari Saka dengan baik bisa ditepis oleh kiper Italia, Gianluigi Donnarumma.

Namun dibalik kegagalan tersebut rupanya terdapat hal unik yang dilakukan oleh Giorgio Chiellini. Pasalnya, sebelum Saka menendang penalti, Chiellini lebih dulu meneriakkan ‘kiricocho’, sebuah jampi-jampi yang dipercayai betul oleh publik sepakbola Argentina.

“Halo Christian, aku mengonfirmasi semuanya! Kiricocho!” ujar Chiellini dalam videonya kepada wartawan ESPN Argentina.

Untuk informasi, jampi-jampi Kiricocho mulai banyak dikenal saat Carlos Bilardo, pelatih legendaris Argentina yang memenangi Piala Dunia 1986, masih menangani Estudiantes pada 1982 silam. Ketika itu, ada satu suporter Estudiantes bernama Kiricocho yang dianggap pembawa sial. Setiap Kiricocho hadir di sesi latihan Estudiantes, pasti ada saja pemain yang cedera.


Baca Juga:


Bilardo lantas mempercayai hal itu dan mengirim Kiricocho untuk menonton latihan lawan. Keputusan Bilardo berjalan baik dan Estudiantes pada musim itu langsung keluar sebagai juara dengan cuma kalah dari Boca Junior.

Satu-satunya kekalahan dari Boca dikarenakan Kiricocho gagal mendekati pemusatan latihan Boca Junior. Mitos tersebut sampai saat ini terus dipercaya dan sering digunakan oleh banyak pesepakbola milenium.

Bek Spanyol saat juara Piala Dunia 2010, Joan Capdevilla, juga pernah meneriakkan kiricocho pada partai final kontra Belanda. Alhasil, Arjen Robben gagal mencetak gol saat sudah berhadapan satu lawan satu dengan Iker Casillas.

“Saya hanya sekali menyebut kata itu saat Iker (Casillas) melakukan penyelamatan heroik terhadap tendangan Arjen Robben,” ujar Capdevilla kepada Movistar Plus.

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com