Italia Sukses Besar Pakai Formasi 3-5-2 - Vivagoal.com
Italia Sukses Besar Pakai Formasi 3-5-2
Italia Foto: dok Football5star

Italia Sukses Besar Pakai Formasi 3-5-2

A Hendra - September 24, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie A – Permainan dengan formasi 4-3-3 sempat membuat Italia dicukur Jerman 5-2 dan diimbangi Inggris 0-0. Namun ketika mengusung 3-5-2, Gli Azzurri justru tampil bagus dengan sukses membungkam Inggris.

Sejak menangani Italia pada 2018 lalu, Roberto Mancini sedianya selalu menggunakan pakem 4-3-3. Namun menghadapi Inggris di San Siro, Sabtu (24/9) dinihari WIB, Mancini mencoba memakai formasi berbeda, yakni 3-5-2.

Hasilnya pun bisa dibilang sangat memuaskan. Sebab, La Nazionale berhasil menang dengan skor 1-0. Formasi 3-5-2 yang diterapkan Mancini berjalan sesuai rencana dan menyebabkan permainan Inggris tak berkembang.

Italia Sukses Besar Pakai Formasi 3-5-2
Italia, Foto: dok bola.net

Meski Gli Azzurri terus didominasi sepanjang laga, namun mereka terbukti mampu meredam serangan pasukan Gareth Southgate lewat skema pertahanan yang mengunci lini tengah lawan hingga membuat Inggris kesulitan mendistribusikan bola, dan terlihat kebingungan sendiri.

Mancini sendiri mengakui bahwa dirinya sebenarnya tidak punya pilihan. Rentetan cedera yang dialami banyak pemainnya membuat dirinya harus mengubah pakem permainan. Pakem 3-5-2 pun dianggap paling pas dengan skuad yang dimiliki.


Baca Juga:


“Seperti yang saya katakan kemarin, sistem permainan adalah satu hal. Yang terpenting adalah karakter para pemain sesuai,” kata Roberto Mancini dilansir dari RAI Sport.

“Kami punya keinginan untuk menyerang dan mengambil kendali. Kami masih kurang pengalaman di tim dengan beberapa pemain yang sangat muda. Tapi kami bemain bagus hari ini.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com