Ivan Kolev, Pelatih Segudang Pengalaman yang Miskin Prestasi

0
613
Kolev Pelatih Berpengalaman Miskin Prestasi

VivagoalLiga Indonesia – Persija Jakarta sudah resmi mengangkat Ivan Kolev sebagai pelatih kepala menggantikan Stefano Cugurra Teco. Kepastian itu mereka ungkapkan, Senin (7/1/2019) di Jakarta.

Kolev sendiri sebenarnya bukan sosok yang asing buat kubu Macan Kemayoran. Pelatih 61 tahun itu sudah pernah membesut tim asal Ibu kota itu pada tahun 1999.

Semusim dilatih Kolev, Persija berhasil keluar sebagai juara wilayah barat di klasemen akhir Liga Indonesia. Sayang, kiprah Persija hanya sampai babak semifinal karena kalah 0-1 dari wakil wilayah timur, PSM Makassar.

Di kesempatan kedua melatih Persija, Kolev dipastikan punya beban berat. Ia ditargetkan untuk bisa mempertahankan trofi Liga 1 2019 dan diminta membawa Persija juara di Piala Indonesia dan lolos ke fase penyisihan Liga Champions Asia musim depan.

Baca Juga :  Mirip Fergie, Solskjaer Disebut Tak Terlalu Cerdas

Manajemen Persija beralasan, target tinggi mereka bebankan ke Kolev karena sang pelatih sudah punya pengalaman lebih dari cukup, baik sebagai pelatih timnas maupun di level klub. Akan tetapi, punya pengalaman segudang, ternyata Kolev miskin prestasi selama berkarier sebagai pelatih.

Sebelumnya Kolev pernah ditunjuk melatih timnas tahun 2002 silam untuk ajang AFF Cup 2002. Sepanjang turnamen, timnas Indonesia menunjukkan performa gemilang. Semua lawan mereka singkirkan dan tersisa Thailand di partai final.

Tetapi, Dewi Fortuna belum memayungi Kolev. Pelatih 61 tahun itu gagal mengantar Indonesia keluar sebagai juara AFF Cup 2002, karena kalah adu pinalti 2-4 dari tim Gajah putih.

Kolev kembali dipercaya untuk membesut skuat Garuda Merah pada tahun 2007 untuk event Piala Asia. Di turnamen terakbar di benua Asia itu, Indonesia memang gagal melaju ke fase knockout. Namun, pasukan Ivan Kolev saat itu bermain begitu gemilang.

Baca Juga :  Buffon Lakoni Debut di Liga Champions Bersama PSG

Di pertandingan perdana Grup D, Indonesia sukses menaklukkan tim kuat Bahrain dengan skor 2-1. Kemudian, Bambang Pamungkas dkk memaksa tim sekaliber Arab Saudi bekerja keras tuk meraih kemenangan tipis 1-2. Di laga terakhir, skuat Merah Putih kembali merepotkan raksasa Asia, Korea Selatan yang hanya bisa menang 0-1.

Meski timnas Indonesia tampil begitu dibawah arahan Kolev, petualangan kedua kalinya sebagai pelatih timnas harus berakhir pahit. Kolev dipecat karena tidak mampu memberi medali emas pada SEA Games 2007.

Selain membesut tim nasional, Kolev juga tercatat pernah menangani empat klub di Indonesia sebelum memutuskan bergabung di Persija musim 2019 ini. Dari semua klub yang pernah ditanganinya, Kolev tak sekalipun bisa memberi trofi juara.

Pencapaian terbaik eks pelatih timnas Bulgaria U-21 itu hanya mengantarkan tim Mutiara Hitam juara Wilayah Timur pada tahun 2007. Sempat melatih PS Tira di Liga 1 2018 kemarin, Kolev bahkan harus merasakan pemecatan karena dinilai gagal mengangkat prestasi tim.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga 1 hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here