Joachim Low Mundur Dari Timnas Jerman Karena Juara Piala Dunia 2014
Sumber: Bundesliga

Joachim Low Mundur Dari Timnas Jerman Karena Juara Piala Dunia 2014

Muhammad Ilham - October 4, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Bundesliga – Joachim Low memutuskan untuk mundur dari jabatannya sebagai pelatih Timnas Jerman pada 2021. Menariknya, dirinya mengakui keberhasilan membawa die Mannschaft menjuarai Piala Dunia 2014 jadi alasan mengapa dirinya mengundurkan diri.

Pada 14 Juli 2014 yang lalu, kita diperlihatkan sebuah final Piala Dunia yang sangat menarik. Dua negara, Jerman dan Argentina, saling bertarung untuk menjadi yang terbaik di dunia.

Kala itu, Jerman diisi oleh banyak bintang seperti Manuel Neuer, Philipp Lahm, Mesut Ozil, Lukas Podolski, dan Thomas Muller. Sedangkan, tim Tango diisi oleh Gonzalo Higuain, Javier Mascherano, Martin Demichielis, dan tentunya Lionel Messi.

Namun, gol baru tercipta di menit ke-113 dan itupun lahir dari pemain pengganti, Mario Gotze. Satu golnya ke gawang Argentina sudah cukup mengantarkan Jerman meraih gelar Piala Dunia untuk yang keempat kalinya sepanjang sejarah.

Kesuksesan tersebut membuat Deutsche Fussball-Bond (DFB) tetap mempertahankan sang pelatih, Joachim Low, dengan harapan bisa mendulang prestasi lagi di Piala Dunia 2018. Sayangnya, itu semua tidak terjadi.


Baca Juga:


Di Piala Dunia 2018 yang dilaksanakan di Rusia, Jerman menjadi bahan olok-olok pecinta sepakbola dunia. Mereka harus tersingkir di fase grup usai dikalahkan Timnas Korea Selatan di laga terakhirnya.

Kegagalan tersebut nampaknya tidak mengubah keputusan DFB untuk mempertahankan Joachim Low. Sampai akhirnya, pada Euro 2021, Jerman lagi-lagi menjadi bulan-bulanan, dan setelah itu Joachim Low memutuskan untuk pamit undur diri.

Dilansir dari Kicker, kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014 menjadi salah satu alasan mengapa Joachim Low mengundurkan diri. Dirinya merasa hampa karena tujuannya sudah terlaksana, yakni menjuarai Piala Dunia.

Joachim Low Mundur Dari Timnas Jerman Karena Juara Piala Dunia 2014
Sumber: Detik Sport

“Saya merasakan kekosongan pada diri saya karena saya telah bekerja untuk sebuah tujuan begitu lama dan mencapainya. Hal itu memberi saya setidaknya sejumlah keraguan pada diri saya saat itu,” ucap Joachim Low.

Selepas Joachim Low, Timnas Jerman dilatih oleh Hansi Flick menyusul kesuksesannya membawa Bayern Munich meraih treble di 2019/20. Namun, dirinya juga gagal membawa Timnas Jerman melangkah jauh di Piala Dunia 2022, sehingga posisiny digantikan Julian Nagelsmann guna Euro 2024.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com