Jordi Alba Sebut Orang di Ruang Kendali VAR Harus Dievaluasi, Kenapa?

0
249
Jordi Alba Sebut Orang di Ruang Kendali VAR Harus Dievaluasi, Kenapa?

VivagoalLa Liga  –  Bek kiri Barcelona, Jordi Alba angkat suara terkait penggunaan Video Assistant Referee (VAR) dalam sebuah pertandingan sepakbola. Menurutnya, bukan VAR yang musti dikritisi, tapi semua pelaku dan perangkat yang ada dalam ruang kendali VAR.

Sekedar catatan, pengenalan soal teknologi VAR dalam beberapa tahun terakhir memang cukup pesat. Dan baru pada musim 2018/2019 lalu, VAR mulai menyambangi LaLiga Spanyol. Meski hingga saat ini masih banyak pihak yang pro dan kontra, tapi pada akhirnya VAR terus digunakan.

Alba sendiri menilai VAR bisa membantu banyak tim, namun dalam beberapa situasi yang meragukan, VAR juga punya efek buruk. Pasalnya, wasit memang kerap butuh bantuan dalam pengambilan keputusan di lapangan. Tapi penggunaan VAR itu sendiri belum jelas aturannya soal kapan harus digunakan karena masih tergantung dari pelaku yang ada dalam ruang kendali VAR.

“Menurut saya, VAR maupun teknologi lainnya dibuat untuk membantu dunia sepakbola, sekaligus memberikan rasa keadilan dalam area penalti. Dan sebenarnya, yang harus disadari oleh semua pihak adalah semua keputusan tetap saja ada pada wasit, anda harus menghormatinya.” ucap Alba seperti dilansir dari Marca.

“Sampai hari ini saya tidak berpikir bahwa VAR menguntungkan atau merugikan siapapun soal hasil akhir sebuah pertandingan sepakbola. Tapi memang benar bahwa pelaku penggunaan VAR ini masih ada yang harus diperbaiki.” tegasnya.

Baca Juga: Valverde Berikan Pujian Setinggi Langit kepada Messi

Sebagai informasi, pada laga Barcelona vs Real Sociedad akhir pekan lalu, terjadi kontroversi terkait penggunaan VAR. Gil Manzano yang bertindak sebagai official VAR di laga itu diklaim dengan sengaja tidak meminta wasit di atas lapangan tuk meninjau tayangan VAR terkait pelanggaran Diego Llorente terhadap Gerard Pique di area kotak penalti.

Barcelona merasa dirugikan karena hasil imbang 2-2 yang didapat dan menilai Gil Manzano yang ada di ruang VAR seharusnya menginstruksikan kepada wasit tuk menonton tayangan VAR, sayangnya hal itu enggan dilakukan oleh Manzano.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here