Jorginho Suka Italia Main dengan Pola Tiga Bek - Vivagoal.com
Jorginho Suka Italia Main Dengan Pola 3 Bek
Jorginho, Italia, Foto: dok situs resmi Chelsea

Jorginho Suka Italia Main dengan Pola Tiga Bek

A Hendra - September 27, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie AJorginho mengungkap formasi tiga bek bikin Timnas Italia lebih solid baik saat bertahan maupun menyerang. Hal itu sudah dibuktikan dengan torehan dua kemenangan beruntun di UEFA Nations League.

Italia meraih kemenangan krusial 2-0 atas Hungaria pada matchday pamungkas grup 3 Liga A UEFA Nations League, Selasa (27/9) dinihari WIB. Dua gol kemenangan Gli Azzurri lahir di masing-masing babak, yakni lewat gol Giacomo Raspadori di menit ke-27 dan Federico Dimarco pada menit ke-52.

Hasil ini melanjutkan tren oke Italia setelah di laga sebelumnya juga sukses mengangkangi Inggris dengan skor 1-0. La Nazionale pun sukses melaju ke babak 16 besar UEFA nations League dengan status juara grup.

Italia vs Spanyol: Ajang Unjuk Kualitas Jorginho vs Busquets
Jorginho, Foto: dok Football5star

Dua kemenangan beruntun  berhasil didapatkan Italia itu, berkat sang pelatih Roberto Mancini yang mengganti pakem formasi awal mereka. Italia awalnya lebih banyak menggunakan formasi 4-3-3 tapi kini menggantinya jadi 3-5-2.

Perubahan ini terbukti jitu, karena selain mampu mengemas tiga gol, Italia juga tampil kokoh di lini belakang dengan torehan dua clean sheet. Trio bek Francesco Acerbi, Leonardo Bonucci dan Rafael Toloi sukses membuat lini serang Inggris dan Hungaria melempem.


Baca Juga:


Jorginho sendiri mengaku perubahan taktik ini membuat Italia jadi lebih baik. Ia sendiri merasa cukup nyaman bermain dengan taktik baru ini meski Mancini baru dua kali menerapkannya selama menukangi Italia.

“Senang memiliki alternatif yang bisa kami mainkan dalam pertandingan atau turnamen. Terlebih beberapa pemain kami terbiasa bermain dalam pola 4-3-3 di level klub, tapi banyak juga bermain dengan skema tiga bek,” ucap Jorginho dilansir dari Football Italia.

“Jadi saya pikir sistem ini pasti bisa dilakukan. Ini menarik untuk masa sekarang dan masa depan. saya menjalani peran di formasi itu dengan baik,” pungkasnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com