Kalah dari Spurs, Sarri Keluhkan Kinerja Wasit

0
196
Sarri Mengeluhkan Kinerja Wasit Saat Timnya Kalah Dari Spurs

Vivagoal Liga Inggris – Manajer Chelsea, Maurizio Sarri mengatakan jika wasit Inggris belum mampu mengaplikasikan teknologi VAR dengan baik.

Tottenham Hotspur berhasil meraih kemenangan tipis 1-0 atas Chelsea pada leg pertama semifinal Carabao Cup di Wembley, Rabu (9/1) dini hari WIB. Gol tunggal kemenangan Spurs sendiri lahir melalui eksekusi penalti Harry Kane.

Hasil tersebut nyatanya cukup disesali oleh Sarri terlebih ia menilai keputusan wasit memberikan penalti untuk Spurs tidak tepat. Ia menyebut jika Kane sudah dalam posisi offside saat menerima umpan panjang dari Toby Alderweireld sebelum akhirnya dijatuhkan oleh Kepa Arrizabalaga di kotak terlarang.

Baca Juga :  Masih Ada Messi, Griezmann di Barca Hanya Sebagai Pembantu

Sebelum memberikan hadiah penalti, wasit pemimpin pertandingan yakni Michael Oliver harus terlebih dulu melihat siaran ulang melalui VAR. Dalam video yang juga diperlihatkan di layar televisi memang tampak Kane berada dalam posisi onside. Wasit pun mengganjar penalti dan kartu kuning kepada Kepa.

Kane yang maju sebagai eksekutor berhasil membobol jala tim tamu meski arah tembakannya sempat tertebak oleh Kepa.

Namun kubu Sarri menilai keputusan wasit tidak tepat. Ia membawa bukti di mana dilihat dari kamera Chelsea tampak Kane sudah berada dalam posisi offside. Dengan sangat kecewa Sarri pun mengatakan jika wasit Inggris belum siap dengan sistem yang berlaku.

“Saya melihat dari kamera kami beberapa menit lalu, itu jelas offisde. Posisi kamera kami sejajar dengan Kane, dan itu offside. Tapi, sudahlah itu tidak penting,” ujar Sarri kepada Sky Sports.

“Offside pada kepala, lutut. Offside. Tapi itu tidak penting. Yang penting adalah hakim garis berhenti belari, dia tidak mengikuti bola, jadi dia berpengaruh besar kepada bek-bek kami, dan untuk saat ini saya rasa wasit-wasit Inggris belum siap menggunakan sistem itu,” sambungnya.

Lebih lanjut ia membandingkan dengan Italia yang juga sempat mengalami periode buruk dengan sistem tersebut. Bahkan ia menyebut belum ada wasit yang bisa menggunakan VAR dengan baik.

Baca Juga :  Tak Kuat Mental, Neymar Ingin Tinggalkan PSG

“VAR juga ada di Italia, periode awal seperti bencana, wasit sulit menggunakan sistem ini. Untuk saat ini tidak ada wasit yang bisa menggunakannya dengan benar. Kane jelas offside, jelas-jelas offside, tapi itu tidak penting,” tambahnya

“Mereka harus belajar sistem ini lebih baik. Sangat aneh sistem ini tidak ada di Premier League tapi ada di Piala Liga Inggris,” tutup eks pelatih Napoli tersebut.

Kekalahan ini membuat Chelsea harus bekerja keras membalikkan keadaan pada leg kedua yang akan digelar di Stamford Bridge 25 Januari mendatang.

Selalu update berita bola terkini seputar sepakbola dunia hanya di vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here