Kasper Dolberg, From Zero to Hero dalam Sekejap - Vivagoal.com
Sekalinya Jadi Starter, Kasper Dolberg Langsung Jadi Man Of The Match
Kasper Dolberg, Foto: dok JPNN

Kasper Dolberg, From Zero to Hero dalam Sekejap

A Hendra - June 27, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Euro 2020 – Vivagoal – Euro 2020 – Sepanjang fase grup Euro 2020, nama Kasper Dolberg bisa dibilang kurang begitu bergaung. Tapi cukup satu laga, penyerang 23 tahun itu langsung bisa membuktikan diri sebagai calon bintang Timnas Denmark.

Denmark secara luar biasa mampu mengalahkan Wales 4-0 dalam laga 16 besar Euro 2020 di Stadion Johan Cruyff Arena, Belanda, pada Sabtu (26/6) malam WIB. Kasper Dolberg menjadi pahlawan Tim Dinamit berkat torehan dua golnya.

Penyerang Nice tersebut membobol gawang Wales yang dikawal kiper Leicester City, Danny Ward pada menit ke-27 dan 48. Ada pun dua gol Denmark lainnya dibuat oleh Joakim Maehle pada menit ke-88 dan Martin Braithwaite pada menit ke-90+4.

Kisah heroik Kasper Dolberg di laga ini bisa dibilang menjadi berkah terselubung dari cederanya Yussuf Poulsen. Ya, Poulsen sebenarnya merupakan pilihan utama pelatih Denmark, Kasper Hjulmand sedari babak fase grup Euro 2020.

Penyerang RB Leipzig tersebut sejauh ini telah mengemas dua gol di ajang Euro tahun ini. Akan tetapi, di laga kontra Wales, Poulsen tak bisa tampil karena mengalami cedera otot gluteus di sesi latihan terakhir tim.


Baca Juga:


Situasi itu mau tak mau membuat Hjulmand mempercayakan Dolberg tampil sebagai starter. Meski sebenarnya, berusia 23 tahun tersebut baru hanya bermain sebagai pemain pengganti di matchday terakhir fase grup B kontra Rusia.

Sementara pada dua laga awal Denmark di Euro 2020, yakni saat melawan Finlandia dan Belgia, Dolberg hanya jadi pengangat bangku cadangan.

Tapi meski minim menit bermain, Dolberg sama sekali tak canggung saat membongkar lini pertahanan Wales. Berdasarkan catatan WhoScored, Dolberg tercatat bisa menciptakan empat percobaan tembakan dengan tiga di antaranya on target dan dua yang berbuah dua gol.

Dolberg juga mampu mencatatkan dua dribel sukses sepanjang 90 menit bermain. Berkat performa apiknya itu, UEFA pun merasa berhak menobatkannya sebagai Star of The Match di laga Wales vs Denmark.

Dolberg sendiri mengaku tak menyangka bisa begitu superior di kesempatan pertamanya dipercaya sebagai starter. Ia menyebut hal itu adalah sesuatu yang gila.

“Ini benar-benar gila. Saya sebenarnya tidak tahu bagaimana perasaanku. Ini adalah kegilaan total tapi ini nyata! Di sinilah (Johan Cruyff Arena) karir saya dimulai, dan saya bermain lagi di sini dalam kondisi seperti saat ini, sungguh ini adalah hal yang gila,” ujar Dolberg seperti dilansir dari situs UEFA.

Kemenangan atas Wales sendiri turut mengantarkan Denmark ke babak perempatfinal dan tinggal menunggu pemenang antara Belanda vs Republik Ceko di laga 16 besar lainnya. (ARI)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com