Laporta Sebut Barcelona Kehilangan Gaya Bermain

0
239
Barcelona

VivagoalLa LigaKritik pedas dilontarkan eks Presiden Barcelona, Joan Laporta. Ia menyebut, klub kebanggaan rakyat Catalonia tersebut kehilangan identitas utamanya. Menurutnya, pola permainan Barca melenceng jauh dari pakem mereka bermain.

Sejak ditangani Ernesto Valverde, Barcelona  tak lagi bermain tiki taka yang menjadi trademark mereka selama ini. Bersama Valverde permainan Barca bertolak belakang dengan gaya bermain Barca di periode-periode sebelumnya, baik saat ditangani Pep Guardiola, Luis Enrique maupun Tito Villanova.

Baca Juga :  Thibaut Courtois Sabet Penghargaan Kiper Terbaik Dunia Versi FIFA

Di masa tiga pelatih sebelum Valverde, tim Catalan selalu bermain dengan umpan pendek satu dua sentuhan. Dimana banyak pihak menilai mereka bermain indah meski tak jarang ditekan oleh lawan.

“Barcelona sekarang tidak ingin pemainnya menahan bola terlalu lama, terus bermain cepat, lalu beberapa pemain akan melakukan serangan balik. Filosofi kami tak hanya untuk menang, di klub ini penting untuk bisa bermain bagus, dan Barca punya pemain yang bisa melakukan itu di setiap pertandingan,” jelas Joan.

Joan mencontohkan pada semi final leg pertama Liga Champions. Kala itu, Barca menang 4-0 atas Liverpool di Camp Nou. Di partai tersebut, tuk pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir Barca kalah penguasaan bola, tepatnya 49 persen berbanding 51 persen milik Liverpool.

Baca Juga :  Asensio Ingin Jadi Pilihan Utama Real Madrid

“Penguasaan bola adalah sesuatu yang sangat signifikan bagi tim. Untuk Barcelona, itu sangat penting. Tapi sekarang, di Camp Nou Anda menyapu bola ke arah tribun dan itu sangat negatif sejak masa Johan Cruyff,” tegas Laporta.

Maka tak heran jika Laporta menilai Los Cules  telah kehilangan karakter dan identitas. Ia pun menyebut Valverde harus bertanggung jawab atas hilangnya gaya main Barcelona yang indah.

“Mes que un Club bukan sekadar slogan buat Barcelona. Barca punya rujukan jelas yaitu gaya main yang diajarkan Johan Cruyff. Kami sengaja membangun La Masia untuk mempertahankan ciri khas permainan Barcelona, tapi kini justru malah jauh menyimpang,” tutup Laporta dikutip dari Diario AS.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here