Liga Premier Setuju Pergantian Pemain Tambahan Potensi Gegar Otak
David-Luis-Gegar-Otak-Liga-Premier
Foto: GettyImages

Liga Premier Setuju Pergantian Pemain Tambahan Potensi Gegar Otak

Arie Lihardo - December 18, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Pihak Liga Premier menyetujui pergantian pemain tambahan yang berpotensi gegar otak akibat benturan saat bertanding, kebijakan ini rencananya bakal mulai diuji coba pada Januari 2021 nanti.

Pihak Premier League dalam keterangan resminya telah mengumumkan bahwa mereka melakukan pertemuan dengan pihak-pihak terkait, pada Kamis (17/12) kemarin, untuk membahas sejumlah topik.

“Dengan prioritas kesejahteraan pemain Liga Inggris, klun pada prinsipnya setuju untuk memperkenalkan kuota tambahan untuk pergantian pemain potensi gegar otak menyusul persetujuan persidangan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB),” tulis pernyataan resmi mereka.

Keputusan untuk melakukan uji coba terkait hal itu merupakan hasil dari konsultasi IFAB dengan pemangku kepentingan dan rekomendasi dari kelompok ahli gegar otak mereka untuk memungkinkan pergantian pemain tambahan bagi pemain yang berpotensi mengalami gegar otak.


Baca juga:


Kedepannya, selama laga Liga Premier berlangsung akan diterapkan protokol yang memberikan kesempatan maksimal dua pergantian pemain yang dinilai gegar otak untuk masing-masing tim yang sedang bertanding.

“Pergantian pemain atas dasar potensi gegar otak ini dapat dilakukan terlepas dari jumlah kuota yang telah dilakukan tim,” terang pihak Premier League.

Mereka mengungkapkan, sudah mengajukan izin ke IFAB melalui FA untuk ambil bagian dalam uji coba perihal kebijakan tersebut, di mana disebut bisa langsung diterapkan paling cepat pada Januari 2021 mendatang.

Para staf medis di Liga Inggris pada hari ini, Jumat (18/12) waktu setempat, dikabarkan melakukan pertemuan untuk mempertimbangkan lebih lanjut protokol dan bagaimana implementasinya di lapangan, menyusul publikasi pedoman oleh IFAB dan FIFA.

Selain itu, pemegang-pemegang saham juga menyetujui amandemen peraturan Premier League untuk menambah jumlah pemain pengganti yang mungkin dimasukkan klub dalam lembar tim mereka dari tujuh menjadi sembilan, mulai putaran laga pekan ke-14 di Musim 2020/21 saja.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com