Liga Primer Inggris Siap Gunakan VAR Musim Depan

0
274
Liga Primer Inggris Siap Gunakan VAR Musim Depan

VivagoalLiga Inggris –┬áKlub-klub Liga Primer Inggris akhirnya melunak dengan bersedia menggunakan teknologi Video Assistant Referee (VAR) untuk gelaran kompetisi musim depan.

Terkait polemik penggunaan VAR, para pemegang saham dan perwakilan dari setiap klub terus melakukan pertemuan dimana keputusan bersama akhirnya mengerucut ke arah dimana Liga Primer Inggris akan menggunakan teknologi yang mengandalkan siaran ulang tersebut pada musim depan.

Di Inggris sendiri teknologi VAR sejatinya sudah mulai dipergunakan di beberapa pertandingan di ajang Piala Liga serta PIala FA bahkan sejak musim lalu. Meski demikian mayoritas klub-klub Liga Primer Inggris masih enggan menggunakannya sebelum musim ini bergulir.

Setelah menimbang penggunaan VAR di Piala Dunia 2018 yang terbilang sukses serta begitu banyaknya kesalahan pengambilan keputusan oleh wasit di musim ini, sepertinya pihak penyelenggara Liga Primer Inggris baru bersedia menggunakannya.

Kesepakatan itu sendiri tercapai pada pertemuan yang dilaksanakan pada Kamis 15 November 2018. Dilansir Daily Mirror, keputusan dalam penggunaan VAR di Premier League akan diteruskan ke FIFA dan IFAB untuk melegalkan penggunaannya pada musim depan.

“Klub-klub Liga Primer sepakat untuk memperkenalkan Video Assistant Referees (VAR) pada kompetisi musim 2019/20,” bunyi pernyataan resmi Liga Primer Inggris.

“Dalam rapat pemegang saham hari ini, setiap klub diberitahu update terbaru tentang percobaan VAR non-live yang sudah digelar oleh Liga dan Ofisial Pertandingan Profesional (PGMOL) musim ini.”

“Pembelajaran penggunaan VAR di Piala FA dan Piala Carabao, dan juga liga-liga lain di seluruh dunia juga sudah didiskusikan secara detail. Liga ini akan secara resmi mengajukan permintaan pada Asosiasi Sepakbola Internasional dan FIFA untuk menggunakan VAR musim depan.”

Selanjutnya mereka akan terus menguji penggunaan VAR non-live di beberapa ajang yang ada musim ini. Meski tidak akan menjadi pertimbangan wasit secara langsung namun diharapkan dengan langkah tersebut setiap pihak bisa lebih mengenal teknologi satu ini.

Inggris bisa dikatakan menjadi liga terakhir di lima liga top Eropa yang baru akan menggunakan VAR setelah Serie A, Ligue 1, Bundesliga dan La Liga telah lebih awal menggunakannya. Tidak hanya Liga Primer Inggris saja, Liga Champions dikabarkan juga akan menggunakan teknologi VAR untuk musim depan.

Selalu update berita bola terkini seputar Liga Inggris hanya di vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here