Luis Enrique Sesalkan Timnas Spanyol Tak Punya Striker Macam Luis Suarez

0
6740
Luis Enrique Sesalkan Timnas Spanyol Tak Punya Striker Macam Luis Suarez
Manajer Timnas Spanyol, Luis Enrique. Sumber: Sky Sports

VivagoalLa Liga – Dalam beberapa waktu terakhir, timnas Spanyol tak benar-benar memaksimalkan seorang penyerang tengah sebagai target man dalam permainan mereka. Luis Enrique pun merindukan sosok seperti Luis Suarez ada dalam timnya.

Keadaan La Furia Roja yang tak menggunakan penyerang tengah sebagai goal getter sejatinya sudah berlangsung cukup lama, tepatnya sejak Fernando Torres dan David Villa memutuskan pensiun dari timnas Spanyol. Pelatih Vicente Del Bosque kala itu akhirnya harus memutar otak agar timnya bisa tetap produktif meski tak punya striker murni.

Yang dilakukan Del Bosque adalah menempatkan seorang false nine, yaitu pemain yang bertugas menjadi tumpuan serangan tapi juga ikut turun ke lini tengah. Formasi ini mereka andalkan di Piala Dunia 2014, Euro 2016 dan Piala Dunia 2018, dimana yang menjadi false nine saat itu adalah Cesc Fabregas dan David Silva.

Namun strategi ini ternyata tak berjalan baik karena Spanyol sudah harus tersingkir sedari fase grup Piala Dunia 2014. Dua tahun setelahnya, yakni di kejuaraan Piala Eropa 2016, Spanyol cuma bisa melaju sampai 16 besar. Berikutnya, di Piala Dunia 2018, skuad La Furia Roja sudah gugur sedari babak 16 besar.

Luis Enrique sendiri tak memungkiri dirinya juga saat ini masih memakai formasi peninggalan Del Bosque itu. Menurutnya, andai saja Spanyol punya striker yang benar-benar bisa diandalkan, dirinya sebenarnya ingin memakai formasi ‘normal’ tidak meniru Del Bosque. Tapi karena saat ini belum ada, dia pun harus memikirkan cara yang lain.


Baca Juga:



Memang masih ada Alvaro Morata, Diego Costa, Gerard Moreno dan Rodrigo Moreno, tapi kesemuanya bukanlah penyerang yang tajam di level klub selayaknya Luis Suarez, Harry Kane atau legenda timnas Belanda, Marco Van Basten.

“Kadang-kadang kami memang perlu untuk bermain dengan seorang nomor sembilan. Tapi saat ini kami tidak memiliki pemain seperti Harry Kane, Luis Suarez atau Marco Van Basten.” sesal Enrique dilansir dari Marca.

“Jadi kami akan mencoba menciptakan banyak peluang dan mencetak gol dengan menggunakan cara lain. Akan ada banyak rotasi pemain, terutama di pos lini depan.” jelasnya.

“Pemain yang diturunkan di lini depan harus punya daya ledak yang baik tentunya. Gelandang kami pun juga harus bisa mencetak gol. Jadi ini semua hanya masalah kolektif.” pungkas Enrique.

Tuk diketahui, Spanyol akan menghadapi timnas Portugal dalam sebuah laga uji coba pada Kamis (8/10/2020) dinihari WIB di Estadio Jose Alvelade, Lisbon, Portugal.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here