Man United Disarankan Rekrut Direktur Olahraga, Kenapa?

0
63
Man United Disarankan Rekrut Direktur Olahraga, Kenapa
Pemain Manchester United Melakukan Seleberasi Usai Membobol Gawang Brighton Hove & Albion, Kamis (1/10) dinihari WIB. Sumber: Evening Standard

Vivagoal Liga Inggris – Monchi mengaku terkejut melihat klub-klub besar sekelas Manchester United tidak memiliki sporting director. Menurutnya posisi tersebut dibutuhkan bagi sebuah klub untuk mendapat hasil maksimal di bursa transfer.

Selama bertahun-tahun, Manchester United mempercayakan transfer klub kepada salah satu petinggi mereka, Ed Woodward. Namun karena tidak berpengalaman di bidang tersebut dan harus mengurus masalah lain, transfer United pun terbilang sering menemui kegagalan. Fans pun dibuat berang dengan langkah klub di bursa transfer.

Monchi sendiri menilai jika posisi sporting director yang diembannya cukup vital bagi sebuah klub. Menurutnya sporting director akan menjadi  jembatan di antara departemen lain di dalam klub, dan berusaha menyambungkannya untuk memaksimalkan transfer pemain yang tepat.

“Ini pendapat saya, setiap klub harus punya posisi ini [sporting director]. Apa fungsi utamanya? Dedikasi waktu sepenuhnya untuk segala hal yang berhubungan dengan level keolahragaan,” ungkap Monchi kepada The Telegraph.

“Ketika 60-70 persen bujet klub dialokasikan untuk tim utama, jika Anda tidak punya spesialis untuk mengurus itu, bakal sulit memahaminya.”


Baca Juga:



Monchi yang kini menjadi sporting director Sevilla mengaku banyak klub yang tetap meraih kesuksesan meski tidak menggunakan sporting director, tapi menurutnya cepat atau lambat, klub-klub itu akan menunjuk ahli khusus.

“Saya paham ada beberapa klub yang sangat sukses [meski tanpa sporting director], Manchester United mungkin merupakan bagian dari lima besar klub terbaik di dunia, tapi mereka tidak punya posisi spesifik itu,” sambung Monchi.

“Namun, saya kira klub-klub lain mulai semakin menyadari bahwa mereka benar-benar membutuhkan sosok di posisi itu, dan kami [sporting director] pun menghubungkan antara staf teknis, skuad, dewan pengurus.”

“Kami tahu bagaimana pergerakan bursa transfer, kami pun mendapatkan banyak informasi dari pemandu bakat berbeda. Jadi bagi saya, mengherankan melihat klub yang tak punya posisi khusus ini,” tandasnya.

Buruknya pergerakan United di bursa transfer kembali terlihat musim panas ini. Tercatat mereka baru mendatangkan satu pemain yakni Donny van de Beek ketika para rival sudah mendatangkan beberapa pemain incarannya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here