Media Vietnam: Dear Indonesia, Jangan Salahkan Lawan! - Vivagoal.com
Media Vietnam: Dear Indonesia, Jangan Salahkan Lawan!
Sumber: PSSI.

Media Vietnam: Dear Indonesia, Jangan Salahkan Lawan!

Arie Lihardo - July 12, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga Indonesia – Terhentinya langkah Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 masih menyisakan cerita. Kali ini, media Vietnam turut mengomentari hasil negatif yang diraih tim besutan Shin Tae-Yong tersebut.

Indonesia dipastikan gagal melaju ke semifinal setelah laga pamungkas Grup A antara Thailand dan Vietnam bermain imbang 1-1 di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (10/7) lalu. Padahal, di waktu yang sama, Indonesia menang telak atas Myanmar 5-1.

Timnas Indonesia U-19
Sumber: PSSI.

Setelah itu, banyak pendukung Indonesia yang menilai Thailand dan Vietnam sengaja bermain aman. Kedua tim tak ingin mencetak gol tambahan mengingat hasil imbang 1-1 cukup mengantarkan ke semifinal.

Hal tersebut mengingat Indonesia kalah head to head dari Thailand dan Vietnam. Garuda Nusantara hanya mampu bermain imbang tanpa gol saat berjumpa dua negara tersebut di laga Grup A beberapa hari sebelumnya.


Baca Juga:


Lantas, PSSI pun sampai turun tangan dengan melontarkan protes karena Thailand dan Vietnam dianggap melanggar prinsip fair play. Namun, media Vietnam meminta Indonesia sebaiknya berkaca pada permainan sendiri.

“Hasil tersebut cukup menyakitkan untuk Indonesia. Tapi, Shin Tae-Yong dan para pemain seharusnya bertanya pada diri sendiri,” tulis Zing News.

“Tim kuat tidak akan membiarkan lawan menentikan nasib mereka. Indonesia punya dua kesempatan untuk menang (melawan Thailand dan Vietnam) ketimbang harus mengkhawatirkan skor lawan di laga terakhir.”

 

View this post on Instagram

 

A post shared by PSSI (@pssi)

Dalam artikel yang sama, media Vietnam juga menyinggung soal status Indonesia sebagai tuan rumah. Skuad Garuda Nusantara seharusnya punya keunggulan dengan status tuan rumah, namun Indonesia masih tak mampu mencetak gol saat melawan Vietnam dan Thailand.

“Dalam sepakbola hal yang terpenting adalah gol. Indonesia tidak mampu membobol gawang Thailand dan Vietnam meski diunggulkan dengan status tuan rumah, apakah dengan itu mereka layak ke semifinal?” lanjut tulisan tersebut.

Di sisi lain, berdasarkan klasemen akhir, Vietnam lolos sebagai juara Grup A, diikuti Thailand di runner-up dengan sama-sama mengemas 11 poin. Begitu juga dengan Indonesia dengan perolehan poin serupa namun harus tertahan di peringkat tiga.

Selalu update berita terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com