Menyelami Kultur Tribun Lewat Film Ultras

0
386
Ultras

Vivagoal Berita BolaSetelah kemunculan film Green Street Hooligan dan Awaydays, sejauh ini belum ada lagi film yang berkisah soal romantisme tribun dan pendukung sepak bola. Sedang Ultras hadir memecah kerinduan kita dengan menyajikan drama menyoal kultur supporter. 

Tepatnya pada 20 Maret, Netflix merilis sebuah film berjudul Ultras.  Film jadi pelepas dahaga kita lantaran akhirnya film yang berkisah soal budaya tribun kembali dapat kita saksikan.

Mengambil setting di Napoli, film ini bercerita soal pria paruh baya, Sandro, yang dikenal sebagai pemimpin kelompok ultras Apache. Sandro digambarkan sebagai sosok dengan totalitas tak terbatas pada tim kesayangan dan menghabiskan hampir seluruh hidupnya untuk membesarkan Apache.

Tapi seiring berjalannya waktu, nilai-nilai yang ditanamkan Sandro dan angkatan awal Apache mulai tergerus. Begitupun dengan Sandro yang perlahan mencoba menjalani kehidupan normal tanpa terlalu mempedulikan budaya tribun yang dulu dia bangun.

Situasi ini dibarengi dengan kelompok muda Apache yang punya cara radikal dalam mendukung tim kesayangannya. Drama pun dimulai ketika Sandro dan para pendiri Apache yang mulai tak sejalan dengan budaya tribun yang terus bereskalasi.

Drama jadi hal kental yang tersaji dalam film asal Italia ini. Dimana Anda akan disuguhkan emosi tentang hooliganisme khas i Italia. Dimana dalam film ini, cinta, harapan, sepak bola serta persahabatan menjadi unsur yang membawa penonton terhanyut dalam filosofi yang dianut seorang ultras.

Tanggapan Positif

Film ini mendapat tanggapan positif dari para pecinta film dan sepak bola. Beberapa mengagumi film ini karena punya alur cerita yang apik.

“Film ini punya alur cerita yang bagus didukung dengan acting para pemeranya yang mendukung. Secara keseluruhan, film ini menghibur, tapi sayang sangat sedikit adegan yang terjadi di dalam stadion,” tulis review di IMDB.


Baca Juga:


Meski berkisah tentang Ultras dan salah satu kelompok supporter memang adegan di dalam stadion di film ini sangatlah minim. Dimana klutur tribun di luar stadion dan drama lebih ditekankan oleh sutradara dan menjadikan film ini tak terkira jalan ceritanya.

Ditengah pandemi Corona dan himbauan pemerintah soal swakarantina, film ini bisa menjadi salah satu jawaban untuk membunuh kebosanan ditengah lockdown.  Selamat menyaksikan!

 Film Info

Sutradara           : Francesco Lettieri
Penulis Naskah :  Francesco Lettieri
Pemeran             : Aniello Arena, Ciro Nacca, Simone  Borrelli, Daniele Vicorito, Salvatore Pelliccia, Antonia Truppo
Rumah Produksi:  Indigo Film Mediaset
Distributor          : Netflix
Tanggal Rilis      : 20 Maret 2020
Durasi                  : 108 Menit

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here