Mikel Arteta, Pelatih yang Kaya Taktik Permainan - Vivagoal.com
Arteta Pun Tak Menyangka Arsenal Bisa Menang 3 Kali Beruntun di Markas Chelsea
Mikel Arteta, Foto: dok situs resmi Arsenal

Mikel Arteta, Pelatih yang Kaya Taktik Permainan

A Hendra - January 25, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga InggrisMikel Arteta dianggap sebagai sosok pelatih yang kaya taktik, karena Sulit ditebak dalam pilihan taktik permainan selama menangani Arsenal.

Mikel Arteta melatih Arsenal sejak Desember 2019 lalu. Di periode pertamanya menangani The Gunners, Arteta bisa dibilang tak begitu sukses. Ia hanya mempersembahkan satu gelar, yakni Piala FA dan cuma bisa finish di posisi ke-8 klasemen akhir Liga Inggris 2019/2020.

Di musim keduanya, Meriam London tak kunjung membaik di tangan Mikel Arteta, dengan lagi-lagi cuma bisa finish di posisi ke-8 dan hanya memenangkan trofi Community Shield. Meski perjalanannya di Arsenal kurang mulus di awal, banyak pelajaran yang diambil ole Arteta bersama klub asal London Utara itu.

Arteta: Arsenal Mendominasi Tapi Tak Membahayakan PSV Eindhoven
Mikel Arteta, Foto: dok situs resmi Arsenal

Terbukti dengan Arsenal kini nyaman di puncak klasemen Liga Inggris 2022/2023 dengan perolehan 50 poin. Mereka unggul lima angka dari pesaing terkuatnya Manchester City yang sekaligus merupakan juara bertahan empat kali dalam enam musim beruntun.

Granit Xhaka yang merupakan gelandang Arsenal begitu mengapresiasi kinerja Arteta. Dia memuji eks asisten Pep Guardiola di Manchester City itu sebagai pelatih kaya taktik yang kerap membuat berbagai perubahan tergantung lawan yang dihadapi.


Baca Juga:


“Saya pernah mendapat banyak pelatih dalam karier saya, tapi tidak ada yang seperti Arteta. Dia sepertinya cuma fokus ke sepakbola 24 jam sehari,” kata Xhaka dilansir dari The Sun.

“Dia selalu punya rencana A, B bahkan rencana Z. Namun dia tidak hanya top secara taktik, dia juga oke sebagai pribadi. Dia adalah sesuatu yang sangat istimewa.

“Ini adalah tugas pertamanya sebagai pelatih, beberapa sempat tidak sabar dengannya. Namun sekarang Anda lihat apa yang terjadi ketika Anda memberi waktu kepada pelatih.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com