Mulai Musim Depan, Liga Inggris Terapkan Lima Pergantian Pemain - Vivagoal.com
Mulai Musim Depan, Liga Inggris Terapkan Lima Pergantian Pemain
Liga Inggris, Foto: dok Sport Detik

Mulai Musim Depan, Liga Inggris Terapkan Lima Pergantian Pemain

A Hendra - March 31, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Premier League berencana kembali menerapkan aturan pergantian lima pemain terhitung mulai musim depan. Padatnya jadwal pertandingan menjadi alasan utamanya.

Sewaktu pandemi Covid-19 melanda dunia pada 2020 kemarin, sepakbola sempat terhenti. Begitu pula dengan Liga Inggris yang rehat lebih dari dua bulan lamanya, dalam rentang waktu Maret-Juni 2020.

Saat kembali digelar, Premier League merubah aturan pergantian permain dari tiga kali menjadi lima kali. Namun, hal itu diberlakukan hanya sampai akhir musim 2019/2020 saja. Memasuki musim 2020/2021, aturan itu dikembalikan seperti semula dan terus diterapkan sampai sekarang.

Fans Liverpool dan Man City Minta Semifinal FA Cup Tidak Digelar di Wembley
Liverpool vs Man City, Foto: dok Bolaokezone

Alasan aturan pergantian lima pemain tak lagi diberlakukan karena klub-klub kecil merasa itu bukan cara yang adil karena kebijakan lima substitusi dinilai hanya menguntungkan tim-tim besar yang punya kedalaman skuad bagus.

Tapi jika merujuk pada padatnya jadwal pertandingan, terlebih Inggris menjadi satu-satunya di lima Liga Top Eropa yang memiliki tiga kompetisi domestik, maka federasi sepakbola Inggris diberitakan oleh BBC berniat memberlakukan aturan pergantian lima pemain kembali dipakai.


Baca Juga:


Ada pun penerapan regulasi ini, dilaporkan bakal dimulai lagi pada musim depan. Perubahan regulasi ini sendiri diharapkan dapat mengurangi jumlah cedera yang menimpa para pemain di Premier League, yang diketahui merupakan negara dengan jadwal pertandingan paling padat.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com