Musim Ini, Kalau Cuma Hidung Pemain Tak Dianggap Offside - Vivagoal.com
Musim Ini, Kalau Cuma Hidung Pemain Tak Akan Dianggap Offside
Ilustrasi Garis Offside, Foto: dok bolaskor

Musim Ini, Kalau Cuma Hidung Pemain Tak Dianggap Offside

A Hendra - August 4, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Operator Premier League memastikan akan melonggarkan aturan offside terhitung mulai musim 2021/2022 ini. Hal itu dilakukan biar jumlah gol yang dihasilkan bisa lebih banyak.

Premier League sudah menggunakan Video Assistant Referee (VAR) dalam dua musim terakhir. Namun, penerapan teknologi sepakbola termutakhir itu justru kerap memicu pro dan kontra dari berbagai kalangan.

Perdebatan paling mencolok dalam penerapan VAR ini adalah tentang aturan masalah offside. Beberapa merasa penilaian yang diberikan oleh VAR terlalu mendetil dan mempengaruhi keputusan soal gol dan penalti, yang dapat mengubah jalannya satu pertandingan.

Selain itu, VAR dianggap membutuhkan waktu yang terlalu lama sebelum bisa memutuskan apa yang terjadi di atas lapangan. Sehingga dirasa semakin mengganggu ritme pertandingan yang sedang berjalan.

Berbagai kritikan soal VAR itu lantas jadi perhatian para petinggi Premier League. Melansir Sky Sports, Professional Game Match Officials Board (PGMOL) selaku official pertandingan Liga Inggris mewacanakan perubahan aturan terkait penggunaan VAR, terutama dalam penerapan offside.


Baca Juga:


Untuk aturan offside baru ini, garis yang dipakai untuk menentukan pemain offside, akan dibuat lebih tebal, sehingga lebih menguntungkan tim yang menyerang. Perubahan ini diharapkan bisa membuat permainan makin menarik karena banyaknya gol yang tercipta.

“Pada dasarnya, kami menginginkan pendekatan yang membuat permainan lebih mengalir, dan para pemain bisa bebas berekspresi. Artinya, VAR tak akan ikut campur dalam pelanggaran sepele dan ambang batas untuk wasit menggunakan VAR akan sedikit lebih tinggi dari musim lalu,”ujar kepala wasit Premier League, Mike Riley seperti dikutip Sky Sports.

“Kami telah memperkenalkan keuntungan untuk para pemain tim yang menyerang, jadi saat ada situasi offside yang amat tipis, kami akan mengikuti prosedur yang sama seperti musim lalu, namun garis offside-nya akan lebih tebal.

“Intinya kami ingin mengembalikan 20 gol yang musim lalu dinyatakan offside, dengan menggunakan pemeriksaan forensik yang cukup. Jadi, kalau offside-nya hanya seujung jari kaki, atau mungkin hidungnya, sekarang tak akan dinyatakan offside.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com