Pegiat Sepak Bola Italia Kecam Aksi Rasial Tifosi Inter

0
303
Pegiat Sepak Bola Italia Kecam Tifosi Inter

VivagoalSerie A – Aksi rasial suporter Inter berbuah kritik dari pegiat sepakbola Italia. Tak hanya itu, Inter juga harus menerima sanksi berupa pertandingan tanpa penonton.

Kalidou Koulibaly menjadi sasaran rasisme saat Napoli berkunjung ke markas Inter, Giuseppe Meazza kemarin. Nyanyian rasis dengan teriakan mereka menirukan suara monyet saat Koulibaly memegang bola membuat sang pemain tak kuasa menahan emosi.

“Saya kecewa dengan kekalahan ini, namun lebih kecewa karena meninggalkan saudara-saudara saya. Tapi saya bangga dengan warna kulit saya. Saya bangga menjadi orang Prancis, Senegal, Napoli: pria sejati,” ungkap Koulibaly dalam akun Twitternya usai pertandingan.

Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti membenarkan aksi tersebut. Ia bahkan sudah meminta wasit untuk menghentikan pertandingan atas sikap fans Inter, namun tak digubris. Ia pun mengancam akan WO andai kejadian sama kembali terulang.

Tak pelak kecaman langsung mengalir deras bahkan dari kubu Inter sendiri. Kapten Inter, Mauro Icardi angkat bicara atas kejadian tersebut.

“Saya kecewa dengan apa yang terjadi kemarin di San Siro. Mari katakan stop rasisme dan diskriminasi,” tulis pemain Argentina itu di Instagram.

Hal senada juga dikatakan oleh pelatih Inter, Luciano Spalletti. Ia menganggap  perbaikan mental perlu dilakukan oleh pendukung Inter.

“Nyanyian rasis seharusnya tidak terjadi. Jika 65.000 orang datang dan menonton pertandingan pada Natal, mereka mencari tempat yang menyenangkan untuk bisa bersama-sama. Ini adalah perubahan mental yang harus kami lakukan,”  katanya seperti dilansir Goal International.

Mega bintang Juventus, Cristiano Ronaldo juga berkomentar terkait insiden tersebut. Ia mengatakan jika sepakbola adalah tempat edukasi dan menaruh hormat kepada orang lain.

“Saya selalu ingin menjadikan sepakbola sebagai tempat untuk edukasi dan respek dalam kehidupan. Tidak untuk rasisme atau tipe serangan dan diskriminasi apa pun,” tulis Ronaldo melalui laman Instagram.

Atas kejadian tersebut, Serie A menghukum Inter tanpa penonton untuk dua laga kandang mereka kontra Sassuolo dan Bologna. Selain itu, Inter juga diwajibkan menutup sektor utara stadion mereka atau Curva Nord untuk partai ketiga mereka kontra Sampdoria.

Empoli, di saat bersamaan, mengumumkan bahwa mereka tidak akan menjual tiket tandang kepada tifosi Inter untuk laga yang digelar di Stadio Carlo Castellani pada akhir pekan ini.

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here