Peran Besar Salah dalam Menekan Islamophobia di Inggris

0
161
Mo Salah Disebut Sudah Selevel dengan Ronaldo dan Messi

Vivagoal Liga InggrisKiprah Mohamed Salah terus berpengaruh secara global. Studi terbaru mengungkap jika pemain Liverpool tersebut telah membantu mengurangi Islamophobia, khususnya di Inggris.

Sebuah studi yang dilahirkan oleh Stanford University di Amerika Serikat yang berjudul: “Can Exposure to Celebrities Reduce Prejudice? The Effect of Mohamed Salah on Islamophobic Behaviors and Attitudes”, menjadi bukti betapa kuatnya sepak bola sebagai salah satu instrumen kuat dalam perubahan sosial.

Dalam studi tersebut lahirlah data-data di mana Mo Salah telah merubah begitu banyak sisi sosial terutama terkait rasisme dan Islamophobia. Hasilnya, kehadiran Salah di Liverpool telah menurunkan angka kejahatan rasial di are Merseyside hingga 18,9 persen, dan jumlah tweet anti-Muslim oleh fans The Reds di sosial media telah berkurang separuhnya.

Tidak main-main, studi ini sendiri dilakukan oleh empat profesor sekaligus yang didasarkan pada observasi 936 kejahatan rasial di wilayah tersebut, 15 juta tweets dari fans sepak bola Inggris, dan survei otentik eksperimen yang dilakukan langsung pada 8.060 fans Liverpool.

“Secara keseluruhan, kami menginterpretasikan hasil ini untuk mendukung hipotesis bahwa kehadiran Salah di Liverpool FC telah membantu mengurangi tindakan fanatisme ekstrem,” bunyi kesimpulan hasil studi tersebut.

Baca Juga :  Inter Siap Manfaatkan Situasi Ozil di Arsenal

“Kami memahami bahwa daerah Merseyside telah mengalami 18,9 persen penurunan kejahatan rasial didasarkan pada kontrol sintetis, sementara tidak ada efek yang sama ditemukan pada tipe kejahatan yang lain.”

“Kami juga menemukan bahwa Liverpool FC telah memangkas separuh rasio mengunggah tweets anti-Muslim (7,2 persen menurun jadi 3,4 persen) jika dibandingkan dengan klub top Inggris lainnya.”

“Survei eksperimen ini menunjukkan bahwa hasil ini mungkin dipengaruhi oleh peningkatan keakraban dengan Islam. Hasil temuan kami mengindikasikan bahwa eksposur positif pada perwakilan grup tertentu bisa membeberkan informasi baru yang dipahami manusia secara besar-besaran.”

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here