Petaka Man City Dimulai Dari Berita Media Jerman

0
221
Setelah UEFA, Man City Kini Terancam Tiga Sanksi Dari Liga Inggris

Vivagoal Liga Inggris – Manchester City menerima sanksi larangan bermain di kompetisi Eropa setelah berita keuangan yang dari artikel Der Spiegel.

Manchester City terbukti melakukan penggelembungan pemasukan klub guna mengakali Financial Fair Play. UEFA pun menjatuhi hukuman larangan bermain di kompetisi Eropa selama dua musim ditambah denda 30 juta euro.

Baca juga: Di Banned, Man City Terancam Ditinggal Bintang-Bintangnya

Kasus ini sendiri pertama kali muncul pada 2018 silam. Media asal Jerman, membongkar surel dari City terkait keuangan klub pada 2018 silam.

Menindak laporan tersebut, pihak UEFA menugaskan menugaskan Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) melakukan investigasi. Penyelidikan terkait keuangan City dilakukan selama setahun dari 2019 silam.

Berikut runtutan kejadian sanksi berat yang diterima Manchester City.

November 2018: Der Spiegel menerbitkan artikel berisikan City memanipulasi dana sponsor untuk menghindari aturan FFP. Saat laporan ini diterbitkan, pihak City langsung mengecam Der Spiegel dan menuduh mereka sengaja menjatuhkan reputasi klub.

7 Maret 2019: Pihak UEFA secara resmi mengumumkan telah melakukan penyelidikan kepada City terkait pelanggaran FFP menindaklanjuti artikel dari Der Spiegel.

8 Maret 2019: Premier League mengkonfirmasi bahwa mereka ikut bagian untuk menginvestigasi City terkait tuduhan pelanggaran FFP.

16 Mei 2019: Kepala Penyelidikan Badan Kontrol Keuangan Klub UEFA (CFCB) menyerahkan laporan hasil investigasi mereka terkait keuangan City kepada UEFA.

Baca juga: Chelsea dan Arsenal Siap Bersaing Tuk Jasa Pemain Real, Siapa?

6 Juni 2019: City meminta Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menolak pengajuan kasus oleh UEFA untuk dugaan pelanggaran FFP yang dituduhkan.

15 November 2019: Permintaan City ke UEFA agar menghentikan investigasi terkait laporan keuangan mereka ditolak.

14 Februari 2020: UEFA menjatuhkan sanksi kepada City larangan tampil di Liga Champions dan Liga Europa untuk dua musim ke depan dan denda senilai 30 juta euro akibat pelanggaran FFP. City berhak mengajukan banding atas putusan ini di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here