Piala AFF Belum Jelas, Persipura Fokuskan Diri di Liga 1 - Vivagoal.com
Piala AFF Belum Jelas, Persipura Fokuskan DIri di Liga 1
Jacksen F Tiago – Jawapos

Piala AFF Belum Jelas, Persipura Fokuskan Diri di Liga 1

Heri Susanto - June 23, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia –  Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F Tiago mengau saat ini timnya bakal fokus untuk menjalani laga perdana Liga 1 2021. Hal itu ia ungkapkan pasca ketidakjelasan pelaksanaan Piala AFC zona ASEAN yang masih dalam tanda tanya besar.

Sejak mundurnya Singapura sebagai tuan rumah sentralisasi Piala AFC zona ASEAN untuk berbagai laga di Grup H, I dan G, AFC selaku induk sepakbola Asia masih belum menentukan siapa tuan rumah yang akan menggantikan posisi Negeri Singa.

Untuk itu, pelatih Jacksen memilih untuk memfokuskan diri pada timnay akan yang menggelar kick off Liga 1 pada 10 Juli mendatang. Saat ini, para pemain Persipura tengah diliburkan selama lima hari ke depan. Mereka akan kembali berkumpul pada 28 Juni mendatang.

“Saya orangnya realistis. Kalau kami melihat, sekarang kurang dari tujuh hari untuk pertandingan pertama di Piala AFC, jadi sudah tidak mungkin di masa pandemi seperti sekarang, karena harus mengurus paspor, protokol kesehatan, dan lain-lain,” tutur Jacksen melalui kanal YouTube resmi Persipura, seperti diwartakan Goal Indonesia.

“Staf pelatih sudah berdiskusi, dan diusulkan kepada manajemen untuk meliburkan pemain mulai hari ini. Senin kami kembali lagi untuk melanjutkan persiapan. Kami liburkan anak-anak supaya bisa kembali ke Jayapura. Kami menilai perlu juga untuk memberi perhatian kepada aspek psikologis pemain.”

“Hampir sudah dipastikan tanggal 29 Piala AFC tidak bisa bertanding, sehingga kami ambil kebijakan itu supaya anak-anak fresh lagi. Itu adalah salah satu langkah yang penting. Seandainya nanti Piala AFC ditunda, kami bisa melanjutkan persiapan, dan mengarahkan fokus ke pertandingan di liga.”

Meski meliburkan mayoritas pemain, punggawa Persipura yang ada di pulau Jawa dan beragama Islam serta para pemain asing akan tetap melakukan latihan biasa di Batu, Malang.


Baca Juga:


“Kami ambil sebuah kebijakan berdasarkan kebutuhan tim. Khusus pemain dari Papua kami liburkan. Mereka nanti cukup lama tidak bisa bertemu keluarga, karena di kompetisi kami bermain di wilayah lain,” imbuh Jacksen.

“Sedangkan pemain lain yang tinggal di Pulau Jawa, khususnya pemain muslim yang kemarin kami beri libur Lebaran, tetap di sini bersama saya dan tim pelatih. Begitu juga pemain asing. Kami berlatih normal seperti biasa.”

“Dalam waktu dekat kami akan bertanding di Bandung, sehingga Fitrul [Dwi Rustapa] bisa bertemu keluarga. Selepas dari Bandung, kami bermain di Bekasi, jadi Dede [Sulaiman] bisa bertemu keluarga.”

Selalu update berita terbaru seputar Bola Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com