Ronal Koeman Hancurkan Karier Junior Firpo di Barcelona
Junior Firpo, Foto: dok Goal

Ronal Koeman Hancurkan Karier Junior Firpo di Barcelona

A Hendra - December 6, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – LaLigaJunior Firpo gagal total selama berkostum FC Barcelona. Mantan bintang Real Betis yang saat ini berseragam Leeds United tersebut menyebutkan jika hal tersebut terjadi karena Ronald Koeman.

Junior Firpo direkrut Barcelona dari Real Betis pada musim panas 2019 silam di era kepelatihan Ernersto Valverde. Pemain kelahiran Republik Dominika itu diproyeksikan menjadi pelapis Jordi Alba mengingat Blaugrana memang tidak memiliki bek kiri yang mumpuni.

Tapi cedera lutut yang terus menderanya membuatnya gagal tampil maksimal dengan hanya mengemas 10 penampilan pada musim debutnya di Blaugrana. Nahas buat Firpo karena setelah kondisinya sudah mulai membaik, Ernesto Valverde dipecat dan digantikan oleh Quique Setien.

Berstatus Legenda Klub, Ronald Koeman Sakit Hati Dipecat Barcelona
Ronald Koeman, Foto: dok 90min

Namun eks pelatih Real Betis tersebut cuma sebentar menangani El Barca. Ia dipecat setelah memimpin tim Catalan dalam 25 pertandingan di semua kompetisi dan Ronald Koeman kemudian mengambil alih posisi pelatih.

Dalam 67 pertandingan di bawah asuhan Koeman, Firpo hanya 18 kali diberi kesempatan bermain dengan 7 di antaranya di ajang LaLiga Spanyol. Ada pun total waktu bermainnya hanya 864 menit atau nyaris setara satu babak saja.


Baca Juga:


“Dua musim di Barcelona sangat berbeda. Yang pertama aku kecewa pada diriku sendiri. Saya sangat menyesal tidak memanfaatkannya dengan lebih baik. Saya tidak memanfaatkannya dengan baik,” katanya kepada Relevo.

“Musim kedua, saya bermain sangat sedikit padahal dalam kondisi yang jauh lebih baik daripada yang pertama. Saya pikir Koeman tidak mengenal saya dengan baik. Saya masih muda, saya pemain baru di Barcelona tapi saya sudah di level elite selama dua setengah tahun.”

“Dia orang pertama yang menyuruhku untuk tetap tinggal, tapi itu tidak berbeda beberapa menit kemudian. Saya ingat suatu saat ketika Jordi Alba cedera dan dia menempatkan Dest di bek kiri. Itu membuatsaya hanya punya sedikit menit bermain.” kesalnya.

Tak tahan dengan situasinya, Junior Firpo akhir memutuskan pindah ke Leeds United pada bursa transfer musim panas 2021 lalu. Bersama Leeds, Firpo total sudah mengemas 54 penampilan di semua ajang dengan sumbangsih 2 gol dan 4 assist.

“Saya menjalani beberapa pertandingan di mana saya bermain bagus, tapi saya tidak memiliki kontinuitas karena sebulan tanpa bermain. Jadi saya berhenti mencoba. Sangat menyenangkan menjadi bagian dari Barcelona atas segala hal yang diberikannya kepada Anda, tetapi saya ingin bermain.” (MI)

Selalu update berita bola terbaru seputar LaLiga hanya di Vivagoal.com