Plus dan Minus Borussia Dortmund di Tangan Edin Terzic - Vivagoal.com
Plus dan Minus Borussia Dortmund di Tangan Edin Terzic
Sumber: Liga Olahraga

Plus dan Minus Borussia Dortmund di Tangan Edin Terzic

Muhammad Ilham - September 22, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalBundesliga – Kesuksesan Borussia Dortmund saat ini tak lepas dari campur tangan Edin Terzic selaku pelatihnya. Namun, apakah hasil tersebut selalu positif? Atau, masih ada yang negatifnya?

Borussia Dortmund saat ini bertengger di runner-up Bundesliga 2022/23 dengan 15 poin, beda dua poin dari pemuncak klasemen sementara, FC Union Berlin. Tentu saja keberhasilan tersebut tak lepas dari kerja keras Edin Terzic selaku pelatih mereka.

Hal tersebut juga semakin manis usai dirinya mengantarkan Dortmund meraih kemenangan atas rival abadi mereka, FC Schalke 04, dengan skor 1-0. Mungkin, banyak orang yang memberikan penilaian besar kepada Youssoufa Moukoko selaku pencetak gol tunggal. Namun, keberhasilan Moukoko mencetak gol die Koenigsblauen juga dikarenakan Edin Terzic.

Plus dan Minus Borussia Dortmund di Tangan Edin Terzic
Sumber: Detik Sport

Lantas, apa yang menjadikan Edin Terzic itu dikatakan sebagai pelatih bagus di Dortmund? Apa saja yang sudah dia perbuat dan pertahankan?


Baca Juga:


Dilansir dari SportBILD, Edin Terzic tergolong sebagai pelatih apik. Berkatnya, Dortmund mengalami perkembangan di sisi gaya bermain mereka. Akan tetapi, Edin Terzic masih memiliki pekerjaan rumah yang sulit untuk dikerjakan yaitu soal mental para pemain.

Dari segi gaya permainan, Dortmund di bawah arahan Edin Terzic berhasil mengubah gaya bertahan die Borussen yang hancur di musim lalu. Di musim lalu, Dortmund kebobolan 52 gol, sekarang mereka baru kebobolan 7 gol dari 7 pertandingan. Memang, secara statistik tidak terlalu apik, namun Terzic bisa menunjukkan stabilitas pertahanan.

Kombinasi antara Niklas Sule, Nico Schlotterbeck, dan Mats Hummels jadi andalannya. Bahkan, dirinya berhasil mengembalikkan performa Hummels ke terbaiknya, usai tampil buruk di musim lalu. Dia juga berhasil meningkatkan performa Marco Reus.

Akan tetapi, minusnya adalah Edin Terzic belum bisa memperbaiki masalah mentalitas pemain. Para pemain Dortmund selalu kalah dalam hal mental, terutama keinginan atau hasrat untuk mengerahkan segalanya di lapangan. Hal tersebut terjadi ketika mereka kalah dengan memalukan dari SV Werder Bremen (2-3) dan RB Leipzig (0-3).

Lalu, apakah Edin Terzic bisa dikatakan sukses di Dortmund? Belum tentu. Namun, dirinya terlihat membawa ‘angin segar’ kepada die Borussen di musim ini.

Selalu update berita bola terbaru seputar Bundesliga hanya di Vivagoal.com