Presiden LaLiga Menentang Keras Wacana Perubahan Format Liga Champions

0
427
Presiden LaLiga Menentang Keras Wacana Perubahan Format Liga Champions

VivagoalLa LigaFormat Liga Champions kabarnya tengah diusulkan untuk dirubah. Namun, meski baru dalam tahap pengusulan, Presiden LaLiga Spanyol, Javier Tebas sudah terang-terangan menentang keras format tersebut.

Sebelumnya, UEFA beberapa waktu lalu menggelar pertemuan dengan beberapa klub Eropa untuk mensosialisasikan wacana perubahan format Liga Champions.

Salah satu ide yang paling liar adalah mengubah jadwal kompetisi, dari yang sebelumnya kerap dilakukan di tengah pekan, akan menjadi di akhir pekan. Selain itu, UEFA juga berkeinginan memberlakukan sistem promosi dan degradasi.

 

Itu artinya, format Liga Champions yang ada saat ini sejak tahun 1992 akan mengalami perubahan secara drastis. Namun, jika skema ini benar-benar akan diberlakukan, beberapa klub besar Eropa hampir pasti mendapat jaminan lolos ke kompetisi tertinggi di benua Eropa tersebut.

Sayangnya, wacana perubahan itu langsung mendapat tentangan dari Javier Tebas. Menurutnya, perubahan format Liga Champions akan mendatangkan kerugian yang besar secara finansial untuk klub di Spanyol. Menurutnya, wacana itu ditiadakan saja.

“Saya khawatir perubahan format yang rencananya dilakukan pada musim 2024 mendatang akan membahayakan klub asal Spanyol. Dan UEFA harusnya bisa jernih melihat persoalan tersebut.” kata Tebas seperti dilansir dari Marca.

Lebih lanjut, Tebas mengatakan bahwa jika UEFA tidak mempertimbangkan soal format baru ini baik-baik, maka bisa dipastikan semua klub peserta akan menerima uang yang jauh sedikit, dan itu secara otomatis akan terimbas terhadap pengurangan gaii pemain.

“Ketimpangan terkait pendapatan klub besar dan klub kecil di Liga Champions pasti menurun drastis. Dan harusnya UEFA mendiskusikan dua persoalan ini secara serius.” tutupnya.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here