PSSI Terbitkan SK Terkait Pemberhentian Kompetisi - Vivagoal.com
PSSI Terbitkan SK Terkait Pemberhentian Kompetisi
Mochamad Iriawan. Sumber: PSSI

PSSI Terbitkan SK Terkait Pemberhentian Kompetisi

Catrine Mega - January 27, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – PSSI menerbitkan Surat Keputusan (SKEP) yang dikiriman kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam sepakbola Indonesia. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan bahwa surat yang dikirimkan pada Selasa (26/1/2021) ini sejatinya sudah dibuat sejak PSSI melakukan Owners Meeting pada 15 Januari lalu.

Ia mengatakan sesuai dengan keputusan PSSI dan PT LIB dalam rapat Exco, surat ini memberikan pesan pemberhentian kompetisi disebabkan oleh faktor kondisi kahar (force Majuer). Surat ini juga memutuskan bahwa tidak adanya juara kompetisi dan klub yang turun di zona degradasi.

“Surat Keputusan ini menetapkan penghentian kompetisi tahun 2020 disebakan keadaan kahar (force majeur) terkait dengan pandemi Covid-19. Kompetisi 2020 ditetapkan tanpa juara, tanpa promosi dan degradasi,” kata Iriawan di web resmi PSSI.

Pertnyataan Iriawan memberikan kesimpulan bahwa peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 tidak mengalami perubahan. Klub yang akan berkompetisi adalah seluruh tim yang ada di dalam klasemen kompetisi musim 2020.

Iriawan juga menambahkan kalau surat ini juga berisi landasan hukum yang memastikan klub bisa menjalin kejelasan dengan pihak terkait. Kondisi pandemi dan kompetisi tentu membuat banyak pertanyaan banyak pihak terkait kejelasan dengan pihak klub selama ini.


Baca Juga:


“Untuk kontrak klub dengan pihak perkait (pemain, pelatih, ofisial) mengacu kepada aturan keadaan kahar (force majeur) di dalam kontrak masing-masing klub dengan pihak terkait. Atau melakukan negosiasi ulang sehingga tercapai kesepakatan bersama,” Tambah Iriawan.

Dalam pernyataannya di web resmi, PSSI juga mengatakan jika mereka sudah mengupayakan kompetisi akan segera digelar untuk liga 1,2 3 sampai ke kompetisi amatir. Mereka melakuak berbagai upaya untuk menjalankan kompetisi musim 2021 baik lewat surat atau mengunjungi beberapa pihak yang berwenang.

PSSI bersiap menjalani kompetisi dengan protokol kesehatan yang ketat, sebelmunya terdengar kabar yang menyebutkan PT LIB akan menggelar laga simulasi yang akan diseleanggarakan dlam waktu dekat. Pemilihan Kapolri yang baru disebut-sebu akan menjadi patokan kapan laga simulasi itu akan dilaksanakan.

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com