Rekrutan Termahal Fergie Tak Sampai Sepertiga Harga Pogba

0
186
Rekrutan Termahal Fergie Tak Sampai Sepertiga Harga Pogba

Vivagoal Liga Inggris – Sir Alex Ferguson tak hanya pandai dalam menghadirkan trofi juara. Fergie sapaan pelatih legenda Manchester United itu juga cakap dalam belanja pemain.

Selama 26 tahun menjabat sebagai manajer Manchester United, Fergie mendatangkan segudang pemain ke Old Trafford. Meski tak semuanya berbuah manis, namun terlihat jelas kemampuannya dalam merekrut pemain top.

Sepanjang kariernya, Fergie juga tercatat mengeluarkan uang cukup besar. Bahkan pelatih asal Skotlandia tersebut beberapa kali memecahkan rekor transfer, baik di level klub maupun rekor transfer EPL.

Berikut 10 pemain rekrutan Fergie semasa di Manchester United. Sebagai informasi, pemain termahal yang pernah ia datangkan bahkan hanya 1/3 harga Paul Pogba yang merupakan rekrutan termahal dalam sejarah klub.

  1. Owen Hargreaves

Manchester United mengeluarkan biaya 17 juta pounds untuk mendatangkan Hargreaves dari Bayern Munchen pada 2007 silam. Sayang karier sang pemain di MU tak begitu mentereng setelah kerap sekali mengalami cedera.

Pada 2011 Hargreaves memutuskan membelot ke Manchester City. Namun cedera kembali menjadi penghalang karirnya sebelum gantung sepatu di tahun 2012.

  1. Michael Carrick

Perseteruan Fergie dengan Roy Keane pada 2005 membuat keduanya kemudian berpisah. Tujuh bulan berselang manajemen mendatangkan Carrick dari Tottenham Hotspur dengan mahar 18,6 juta pounds sebagai pengganti.

Carrick yang mewarisi nomor punggung Keane mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Ia menghabiskan 12 tahun karirnya bersama Setan Merah sebelum pensiun dari dunia sepakbola di tahun 2018 dan kini menjadi asisten pelatih di MU.

  1. David de Gea

Keputusan merekrut De Gea dari Atletico Madrid dengan mahar 18,9 juta pounds muncul setelah Edwin van der Sar memutuskan gantung sepatu pada 2011. Alasan yang cukup masuk akal mengingat ia saat itu sudah berusia 41 tahun.

Sempat menuai kritik tajam di musim debutnya, De Gea kemudian menjadi tembok kokoh di bawah mistar gawang United. Ia bertransformasi menjadi kiper terbaik di dunia dan berhasil membawa MU memenangkan gelar EPL di musim 2012/13.

  1. Ruud van Nistelrooy

Manchester United mengeluarkan 19 juta pounds untuk mendatangkan Nistelrooy pada 2001 silam. Eks bomber PSV Eindhoven tersebut diplot sebagai pengganti striker legendari MU, Teddy Sheringham.

Nistelrooy pun layak disebut sebagai salah satu striker terbaik yang dimiliki MU. Ia menghabiskan lima musim di MU dengan mencetak 95 gol dari 150 penampilan. Pada tahun 2006 ia memutuskan untuk pindah ke Real Madrid dengan mahar 14 juta Euro.

  1. Robin van Persie

Fergie mendatangkan Van Persie pada musim panas 2011. Pemain asal Belanda tersebut didatangkan dari Arsenal dengan mahar 24 juta pounds.

Ia diplot sebagai mesin gol di lini serang guna membantu tim bersaing dengan Manchester City. RvP sendiri memberikan dampak instan bagi MU, di mana ia menjadi top skor musim 2012/13 dan membawa United memenangkan gelar EPL di musim itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here