Resmi: FIFA Larang Ezra Walian Bela Timnas Indonesia

0
373
FIFA Larang Erza Perkuat Timnas

VivagoalLiga IndonesiaFIFA sudah mengambil keputusan terkait polemik Ezra Walian yang dilarang membela Tim Nasional Indonesia. FIFA memutuskan Ezra Walian tidak  bisa lagi membela timnas Indonesia di berbagai kompetisi resmi yang diadakan FIFA maupun AFC.

Melalui surat resmi FIFA pada Kamis (21/3/2019) badan sepak bola tertinggi di dunia itu tidak mengizinkan Ezra Walian membela timnas Indonesia pada babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam. Surat yang ditandatangani Omar Ongaro, Football Regulatory Director FIFA dan Montemor Ferreira ,Head Of Players Status Erika melarang Ezra karena pernah memperkuat timnas U-17 Belanda pada kompetisi resmi UEFA, yaitu Piala Eropa U-17.

Keputusan ini didasari oleh statuta FIFA pasal 5 ayat 2 yang menyebut seorang pemain yang pernah membela sebuah negara pada kompetisi resmi sudah tidak berhak untuk membela asosiasi lain pada pertandingan berlevel internasional.

Dalam statuta FIFA, status seorang pemain yang berganti asosiasi disebutkan bahwa pemain hanya boleh sekali berganti kewarganegaraan. Sehingga pemain tersebut diperkenankan membela negara lain dalam pertandingan internasional. Itu pun, masih ada syarat-syarat khusus yang harus dipenuhi.

Baca Juga :  Klopp: Liverpool Siap Cegah Upaya Dominasi PSG di Liga Champions

Khusus untuk kasus Ezra, karena sang pemain sudah pernah bermain di pertandingan resmi level A seperti Euro bersama timnas Belanda, maka saat ingin didaftarkan di laga resmi level A, seperti Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, Ezra sudah tidak bisa diikutsertakan.

Kasus Ezra ini bermula ketika AFC mengetahui bahwa Ezra merupakan pemain naturalisasi. AFC kemudian meminta dokumen pendukung dari PSSI untuk memastikan status kewarganegaraan Ezra di FIFA. Saat meminta persetujuan dari FIFA, status Ezra ternyata melanggar statuta tersebut.

Terkait keputusan ini, PSSI dengan berat hati harus menghormati keputusan dari FIFA soal status penyerang mudanya itu. Dengan demikian, Ezra Walian dipastikan tak bisa membela merah putih pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Vietnam tahun ini.

“PSSI menghormati putusan FIFA soal status Ezra Walian,” jawab Gatot Widakdo, Direktur Hubungan Media PSSI.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here