Santos FC Ulang Tahun ke-108; Klub Brasil yang Mengorbitkan Tiga Pemain Bintang - Vivagoal.com
Santos FC Ulang Tahun ke-108; Klub Brasil yang Mengorbitkan Tiga Pemain Bintang

Santos FC Ulang Tahun ke-108; Klub Brasil yang Mengorbitkan Tiga Pemain Bintang

Fido Moniaga - April 15, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Pada tanggal 14 April 2020 kemarin, klub legendaris asal Brasil, Santos FC berulang tahun yang ke-108. Di klub itulah, nama-nama seperti Pele di masa lalu, dan Robinho serta Neymar di masa kini dilahirkan.

Tanggal 14 April 1912, sekumpulan pesepakbola yang diprakarsai oleh tiga sosok yakni Raimundo Marques, Mario Ferraz de Campos dan Argemiro de Souza Junior mendirikan sebuah klub yang diberi nama Santos FC karena merasa kotanya, Santos, di wilayah Sao Paolo, Brasil tidak punya klub sepakbola yang representatif.

Di awal masa berdirinya, Santos hanyalah sebuah klub kecil dan tidak terlalu mencuri banyak perhatian berkat performanya yang biasa-biasa saja. Tapi pamor klub mendadak meningkat drastis sejak kemunculan seorang pesepakbola berusia 17 tahun, Edson Arantes do Nascimento alias Pele pada tahun 1956.

Os Santasticos (Santos Fantastic) begitulah kesebelasan Santos era akhir 50-an diberi julukan. Pemberian sebutan itu tidak muncul begitu saja, Santos dengan Pele-nya pada masa itu merupakan klub yang paling beringas.

Sejak 1956 hingga sepanjang tahun 60-an, Pele yang menjadi nyawa, sekaligus simbol dan kunci kemenangan membuat Santos begitu menguasai segala tingkat kompetisi baik domestik maupun internasional. Di level domestik, tercatat, Santos delapan kali juara Campeonato Paulista dan lima kali duduk di puncak klasemen Campeonato Brasileiro.

Sementara di kancah internasional, Santos bisa dua kali beruntung mengangkat trofi Piala Libertadores yang setingkat Liga Champions di benua Eropa. tepatnya pada 1962 dan 1963. Sentuhan magis Pele bahkan sempat membuat Santos menjadi satu-satunya tim yang bisa meraih quattrick winner dengan menggondol empat gelar juara sekaligus, Paulista, Serie A Brasileiro, Piala Libertadores dan Piala Interkontinental.


Baca Juga:



Pencapaian itu membuat Santos dan Pele terkenal ke seantero dunia. Mereka dielu-eluka para pecinta sepakbola dan rutin menggelar laga friendly seperti halnya sebuah band rock. Tak sekadar melancong ke benua Eropa, Guardian mencatat Santos juga sempat menginjakkan kaki di benua Afrika.

Ketika mereka tiba di Nigeria pada tahun 1969, situasinya sangat unik. Bagaimana tidak, kehadiran Santos dengan Pelenya sampai menghentikan sementara perang sipil yang sedang berkecamuk. Gencatan senjata disepakati demi memberi kesempatan buat semua orang untuk datang menonton tim terbaik yang pernah ada.

Sayang, memasuki awal tahun 70-an, pamor Santos pelan-pelan mulai meredup. Kepergian Pele ke klub asal Amerika Serikat, New York Cosmos pada tahun 1974 membuat prestasi Santos perlahan mulai seret. Tapi, klub ini tidak pernah berhenti mencetak seorang bintang lapangan sepakbola.

Di awal 2000-an, muncul Robinho yang namanya menjulang setelah digaet Real Madrid. Namun, seperti Pele, kepergian Robinho membuat Santos melempem lagi. Mereka baru kembali bersinar terang 10 tahun berselang dengan kemunculan Neymar Jr.


Baca Juga:



Hanya tiga musim mereguk manisnya trofi yang mereka dapat bersama Neymar, seperti tercatat dalam sejarah klub, Neymar juga cabut dari Santos pada 2013 silam setelah menerima pinangan Barcelona.

Hingga saat ini, Santos belum lagi melahirkan pemain-pemain bertalenta kelas wahid. Selamat ulang tahun Santos, semoga di masa mendatang pemain-pemain top kembali hadir darimu, Os Santasticos!

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com