Sebuah Kisah dari Eindhoven, Klub Besar yang Kadang Terlupakan - Vivagoal.com
PSV Eindhoven

Sebuah Kisah dari Eindhoven, Klub Besar yang Kadang Terlupakan

Dimas Sembada - October 30, 2020
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita BolaBersama Ajax Amsterdam dan Feyenoord, PSV Eindhoven menjadi salah satu klub yang disegani di Eredivise Belanda. Lantas, seperti apa sebenarnya sepak terjang PSV?

Seperti nama kandangnya, Philips Stadium, PSV memang dimiliki oleh Phillips, sebuah perusahaan lampu yang kita kenal saat ini. Wajar saja jika kemudian PSV merupakan akronim dari Philips Sport Vereniging.

The Philips Sport Vereniging sendiri bila diartikan dalam bahasa Indonesia, akan bermakna sebaga persatuan olahraga Phillips. Saat pertama kali dibentuk pada 1913, PSV diperuntukan sebagai klub olahraga bagi para pekerja Phillips.

PSV sendiri baru benar-benar masuk menjadi lub professional tepatnya pada 1999. Di masa tersebut, PSV mengubah bentuk perusahaan menjadi Perseroan Terbatas dan melepas sebagian sahamnya ke publik.

Masa Keemasan

Dari sekedar klub perusahaan, PSV bertransformasi menjadi salah satu klub paling disegani di negeri kincir angin. Mereka tercatat menjadi wakil pertama Belanda di kompetisi Eropa.

Dikutip dari berbagai sumber, Periode paling sukses klub mereka alami beberapa dekade silam. Yakni pada tahun 1978 kala menjuarai Piala UEFA dan saat menjadi kampiun Piala Eropa 1987/88 sebagai bagian dari treble musim 1988.

Jalan PSV menuju tangga juara Piala Eropa 1988 memang sangat spesial. Seolah melawan kemustahilan, mereka sukses menaklukan Benfica yang kala itu menjadi unggulan.

Pemain Bintang

Sejak dulu, PSV selalu lekat dengan pemain-pemain bintang. Banyak dari nama-nama besar yang kita kenal saat ini memulai karier atau bahkan pernah singgah di Phillips Stadium. Ruud Gulit, Ronaldo de Lima, Ronald Koeman, hingga Park ji-Sung tercatat pernah membela panji Eindhoven.

 Paling diingat tentu Ruud Van Nisterlooy yang mulai melejit namanya bersama PSV sebelum akhirnya bergabung dengan Man United dan menjadi salah satu penyerang menakutkan di Eropa.

Klub Tersukses

Terkadang, ketika membicarakan sepak bola Belanda, PSV kerap terlupakan untuk masuk bahasan. Publik biasanya langsung mengarahkan pandangan ke Ajax saat berbincang soal Eredivise.

Tapi, PSV sebenarnya layak masuk daftar sebagai klub paling sukses di Eredivise. Hal tersebut dapat terlihat dengan mudah dari jumlah trophy mereka.

Sejarah mencatat, PSV sukses memenangi Eredivise 24 kali, sembilan KNVB Cup dan Johan Cruyff Shield sebanyak 11 kali.


Baca Juga: 


Hari ini, PSV masih berjuang untuk kembali mengukir prestasi di kancah domsetik. Mengingat mereka sudah kehilangan tahta dua musim berturut-turut dengan terakhir kali menjadi kampiun pada musim 2017/18 silam.

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com