Statistik Ini Jadi Bukti Jangan Nilai Kontribusi Messi Hanya Sebatas Gol - Vivagoal.com
Statistik Ini Jadi Bukti Jangan Nilai Kontribusi Messi Hanya Sebatas Gol
Lionel Messi, Foto: dok situs resmi PSG

Statistik Ini Jadi Bukti Jangan Nilai Kontribusi Messi Hanya Sebatas Gol

A Hendra - December 21, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLigue 1 – Performa Lionel Messi di musim debutnya bersama Paris Saint-Germain tak bisa dinilai dari kontribusi golnya. Meski minim gol, Messi tetap punya peran besar dalam bangunan serangan Les Parisiens.

Paris Saint-Germain semakin kukuh di puncak klasemen Liga Prancis usai akhir pekan kemarin menang 2-0 atas AS Monaco di Parc des Princes. Dua gol Kylian Mbappe menjadi penentu kemenangan Les Parisiens pada laga tersebut.

Khusus untuk Lionel Messi, kegagalannya bikin gol di pertandingan itu kian memperpanjang paceklik gol yang dialami penyerang asal Argentina tersebut. Terakhir kali La Pulga mencetak gol untuk PSG di ajang Liga Prancis adalah saat menghadapi Nantes pertengahan November kemarin.

Pemilik tujuh Ballon d’Or itu memang seret gol di Liga Prancis. Secara keseluruhan, Lionel Messi bahkan baru bisa bikin satu gol dalam 10 penampilan terakhirnya bersama PSG di kancah domestik musim ini.

Namun, melihat Messi sulit mencetak gol, direktur olahraga PSG, Leonardo mengaku tak risau. Menurutnya, kontribusi pemain berusia 34 tahun itu tak bisa hanya dinilai dari jumlah gol.


Baca Juga:


Sebagai bukti, meski berposisi sebagai penyerang, tapi Messi banyak membuka ruang untuk rekan-rekannya di PSG. Berdasarkan catatan Whoscored, Lionel Messi sudah menciptakan lima assist dan 23 umpan kunci di Ligue 1 Prancis.

Ia juga punya kontribusi besar dalam membangun serangan Les Parisiens dengan total 14 dribel sukses, melepaskan hingga 541 operan dengan persentase akurasi umpan sukses mencapai 86.1 persen. Messi bahkan tercatat sebagai pemain yang paling banyak mengancam di Liga Prancis dengan total tembakan mencapai 39 kali!

“Buat saya Lionel Messi tidak perlu diragukan. Jika Anda mulai mengkritik Messi, itu karena Anda tidak mengerti apa-apa soal sepak bola. Kita tidak perlu meragukan dia,” ucap Leonardo dikutip dari Goal.

“Jika Anda mengamati angka-angka Messi, enam bulan pertamanya sudah luar biasa. Dia dan Kylian Mbappe terlibat di hampir setiap gol. Dia jadi penentu.

“Bersama Messi, tentu saja kami jadi lebih kompetitif. Dia jadi penentu di setiap pertandingan.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Ligue 1 hanya di Vivagoal.com