Terbukti Gelapkan Pajak, Ini Hukuman Untuk Diego Costa

0
19
DIego Costa Hukuman Berat

Vivagoal La Liga – Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa akhirnya mengaku bersalah atas tuduhan penggelapan pajak. Pemain berdarah Brasil itu pun setuju untuk membayar denda agar bisa terhindar dari hukuman kurungan penjara.

Diego Costa hadir dalam persidangan di pengadilan Madrid, Kamis (4/6/2020) waktu setempat. Bomber berusia 31 tahun tersebut didakwa memanipulasi pengaturan hak citra atas namanya sendiri saat pindah dari Chelsea ke Atletico pada bursa transfer musim panas 2014 silam.

Karena ulahnya itu, Costa dituding merugikan negara lebih dari satu juta euro karena tidak melaporkan pembayaran sebesar 5,15 juta euro dari proses kepindahannya itu. Sebagai tambahan, jaksa juga mendakwa Costa dengan tuduhan penggelapan karena tidak melaporkan hak citranya yang sejumlah 1 juta euro.

Jaksa setempat pun lantas merekomendasikan agar Costa dihukum penjara selama enam bulan plus denda sebesar 507,208 euro. Tapi, sistem hukum di Spanyol yang memungkinkan vonis penjara bagi kejahatan non kekerasan dibawah dua tahun bisa diganti dengan denda.


Baca Juga:


Dengan demikian, berdasarkan ketentuan tersebut, Costa bisa diwajibkan hanya membayar denda dengan tambahan sebesar 36 ribu euro sebagai bunga sehingga totalnya mencapai 543,208 euro atau setara dengan Rp 8,68 miliar.

“Diego Costa telah bersepakat dengan kantor kejaksaan berbulan-bulan lalu untuk bersedia membayar denda yang sudah ditetapkan beserta bunganya. Dengan begitu, tuntutan hukuman penjara akan ditarik.” ungkap juru bicara Atletico seperti dilansir dari Omnisport.

Sebagai informasi, Diego Costa bukan satu-satunya pesepakbola top yang pernah tersangkut masalah penggelapan pajak di Spanyol. Sebelumnya ada Luka Modric, Cristiano Ronaldo, Javier Mascherano dan Lionel Messi yang terbukti melakukan penggelapan pajak.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here