Terinspirasi Euro 92, Denmark Bertekad 'Ledakkan' Inggris di Semifinal - Vivagoal.com
Denmark Bertekad 'Ledakkan' Inggris di Semifinal Euro 2020
Timnas Denmark, Foto: dok Kompas

Terinspirasi Euro 92, Denmark Bertekad ‘Ledakkan’ Inggris di Semifinal

A Hendra - July 5, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola – Tim kuda hitam Denmark secara mengejutkan bisa sampai ke babak semifinal Piala Eropa 2020. Kini, Denmark yang sudah ditunggu Inggris siap membuat ledakan  terinspirasi dari kesuksesan mereka di Euro 1992.

Denmark bukanlah nama besar dalam kancah sepakbola Eropa. Namun di masa lalu, mereka sempat begitu ditakuti dengan keberadaan Laudrup bersaudara.

Hal itu dimulai pada Piala Dunia 1986, di mana tim Dinamit bisa lolos untuk pertama kalinya ke putaran final di Meksiko.

Tak main-main, di penampilan debutnya pada Piala Dunia, Denmark-nya Laudrup bisa menyapu bersih semua laga di fase grup dengan kemenangan termasuk mengalahkan favorit juara Jerman Barat dengan skor 2-0.

Namun di fase gugur, langkah mereka harus terhenti sedari babak 16 besar karena disikat 1-5 oleh Spanyol.

Di Piala Eropa 1988, Denmark cuma sampai fase grup, sementara di Piala Dunia 1990 mereka tak lolos babak kualifikasi. Barulah di Euro 1992, Denmark membayar lunas dua kegagalan itu.


Baca Juga:


Tampil di Euro 1992 berstatus pengganti Yugoslavia yang dilanda perang saudara, Denmark bisa melaju ke fase grup dan menumbangkan Belanda 5-4 lewat adu penalti di semifinal, sebelum melibas Jerman 2-0 di laga puncak.

Prestasi besar itu membuat Denmark saat itu dipuja bak pahlawan. Harapan untuk mengulangi lagi prestasi itu kini membumbung tinggi setelah Denmark bisa melaju baik ke semifinal dengan melibas Rusia 4-1, Wales dibantai 4-0 di fase 16 besar, dan Republik Ceko didepak 2-1 di perempatfinal.

Memang lawannya di semifinal nanti adalah favorit juara sekaligus tuan rumah Inggris. Tapi, terinspirasi dari tim 1992, Timnas Denmark siap mencetak sejarah layaknya 1992.

“Generasi saya tumbuh mengidolai tim Denmark di 1986 dan 1992. Kami sangat senang bisa memberikan hadiah kepada fans,” ujar gelandang Denmark Thomas Delaney seperti dilansir dari Telegraph.

“Kami membuktikan kami adalah tim hebat dengan bisa lolos ke semifinal. Kami punya misi dan kami akan wujudkan di Wembley. Ini perjalanan luar biasa untuk kami,” tegasnya. (DES)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com