Terungkap, Inilah Kunci Keberhasilan Karier Puyol

0
176
Terungkap, Inilah Kunci Keberhasilan Karier Puyol

VivagoalLa Liga – Legenda Barcelona, Carles Puyol  angkat suara mengenai kesuksesan kariernya. Ia mengakui dirinya bisa menjadi salah satu bek tengah terbaik di dunia karena banyak belajar dari bek legendaris AC Milan, Paolo Maldini.

Semasa aktif bermain, Puyol dikenal sebagai salah satu bek yang tak kenal kompromi. Performa apiknya di lini belakang sukses membantu Barcelona dan Timnas Spanyol memenangkan sejumlah gelar bergengsi seperti Liga Champions dan Piala Dunia.

Meski terkenal sebagai bek yang tangguh namun diawal kariernya ia tidak berposisi sebagai pemain belakang. Ia sempat diposisikan sebagai seorang penyerang, bek sayap dan gelandang bertahan sebelum akhirnya memantapkan diri di posisi bek tengah.

Baca Juga :  Indra Sjafri Coret Empat Pemain Akhir Pekan Ini

Puyol pun buka suara terkait perjalanan kariernya itu. Menurutnya pergeseran posisinya itu merupakan instruksi dari pelatihnya semasa di akademi La Masia.

“Saya hanya mengikuti instruksi dari pelatih akademi untuk mencoba bermain di posisi yang berbeda-beda. Tapi saya tetap berusaha menampilkan permainan terbaik,” ujar Puyol.

Puyol menambahkan saat dirinya promosi ke tim senior Barcelona sebagai bek tengah ia tak langsung menjadi pilihan utama pelatih kala itu. Pria 40 tahun itu menyebut ia sempat beberapa kali tergusur dari starting line up Barca.

Baca Juga :  Jika Lolos ke Semifinal Piala Presiden, Persija Bakal Dapat Keistimewaan Ini

“Saya akhirnya bermain sebagai bek tengah dan hal itu ternyata tidak mudah untuk langsung mendapat kepercayaan di Barcelona. Di Barcelona ada banyak pemain gelandang bertahan berkualitas yang selalu bersedia turun hingga ke garis pertahanan,” jelasnya.

Namun, meski harus tergusur dari line up Puyol tak pernah menyerah. Hal itu malah membuatnya belajar lebih keras, salah satunya dengan meniru Paolo Maldini bermain.

“Meski demikian, saya tidak mau berhenti belajar dari rekan setim, dan melihat bagaimana Paolo Maldini bermain. Dia sungguh idola buat para pemain belakang di dunia,” tandas Puyol.

Selalu update berita bola terbaru seputar La Liga hanya di Vivagoal.com

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here