5 Duet Kapten dan Wakil Kapten Terbaik Di Dunia, Siapa Saja? - Vivagoal.com

5 Duet Kapten dan Wakil Kapten Terbaik Di Dunia, Siapa Saja?

Heri Susanto - August 2, 2019
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Banyak pemain yang memiliki jiwa kepemimpinan untuk mewakili tim di atas lapangan. Ada beberapa kriteria yang harus dimiliki seorang kapten klub mulai dari leadership yang mumpuni, mampu menterjemahkan instruksi pelatih kepada rekan satu tim dan meredam berbagai konfrontasi yang terjadi di lapangan. Biasanya, seorang kapten akan menjadi representasi tim saat laga berlangsung.

Seorang kapten sejatinya adalah pemain yang menanggung beban untuk mengangkat moral pemain kala tim mengalami kekalahan ataupun memenangkan laga. Biasanya, seorang kapten bertanggung jawab baik di dalam maupun luar lapangan. Dalam jagad sepak bola, ada beberapa nama yang memiliki karakter kepemimpinan yang mumpuni seperti Franz Beckenbauer, Paolo Maldini, Bryan Robson, Didier Deschamps, dan lain sebagainya.

Biasanya, meskipun tak selalu mutlak, mereka yang dipilih sebagai kapten mayoritas bermain di lini tengah maupun lini bertahan. Dalam dua posisi tersebut, seorang kapten biasanya bisa dengan mudah memberikan instruksi kepada pemain dari lini belakang hingga lini depan.

Meski demikian, jika seorang kapten tersebut berhalangan tampil, sebuah klub atau kesebelasan juga harus memiliki sosok wakil kapten yang kemampuannya sebanding dengan kapten utama mereka. Biasanya sosok ini memiliki pengaruh yang cukup signifikan di ruang ganti. Contoh paling signifikan adalah Gary Neville. Di United, ia memiliki jabatan sebagai wakil kapten Roy Keane. Sebagai “anak asli Manchester” yang sudah membela United sejak remaja, dirinya jelas disegani. Bahkan banyak pihak menilai dirinya merupakan orang ketiga di United setelah Alex Ferguson dan Roy Keane.

[irp]

Lantas, siapa saja duet kapten dan wakil kapten terbaik yang pernah ada di dunia sepak bola? Vivagoal akan memaparkan daftarnya.