5 Fakta Gelandang Tengah Terbaik Sepanjang Massa - Vivagoal.com
5 Fakta Gelandang Tengah Terbaik Sepanjang Massa

5 Fakta Gelandang Tengah Terbaik Sepanjang Massa

Heri Susanto - October 5, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola – Sejak jaman dahulu, banyak gelandang hebat yang mampu menjadi katalisator bagi timnya masing-masing. Peranan mereka terbilang lumayan krusial untuk tim. Bahkan, beberapa di antaranya layak dinobatkan sebagai gelandang terbaik sepanjang masa.

Jika menurut pada era sebelum industri sepakbola, arus informasi lumayan sukar untuk diakses, alhasil hanya ada segelintir nama yang dlayak dinobatkan sebagai gelandang terbaik. Terlebih, berbagai pembaharuan peraturan hingga teknologi dalam dunia sepakbola membuat aspek penilaian pemain lawas dan pemain modern tak bisa disejajarkan.

Mundur sedikit ke belakang, Jerman di medio 90an memiliki Lothar Matthaus. Pemian yang beken membela Bayern Munich ini sukses hantarkan Der Panser menjadi juara Piala Dunia edisi 1990 di Italia. Matthaus memiliki keterampilan yang mumpuni dalam membangun serangan. Posisinya sebagai box-to-box midfielder membuatnya memiliki transisi yang cepat kala menyerang dan bertahan. Pemenang Ballon d’Or 1990 juga memiliki kepemimpinan yang baik.

Jika Jerman punya Matthaus, maka Belanda punya sosok Johan Neeskens. Pemain yang hidup di bawah bayang-bayang Johan Cruyff ini sekaan bisa mentransformasikan pola total voetball yang dikembangkan Rinus Michels di Timnas Belanda dan Ajax, bersama Cruyff, keduanya adalah sosok yang layak dikedepankan dalam buku sejarah sepakbola Belanda.


Baca Juga:


Neeskens memiliki kecepatan dan kemampuan passing yang luar biasa. Ia piawai membuka ruang bagi pemain lain untuk bergerak bebas dan mentransformasikan permainan sepakbola menyerang yang diperagakan Belanda maupun Ajax. Warisan tersebut bahkan masih diadaptasi sampai hari ini dengna berbagai pola-pola yang berbeda.

Di luar dua nama besar tersebut, masih ada lima pemain lain yang layak dinobatkan sebagai gelandang terbaik sepanjang masa. Pecinta sepakbola mungkin tak asing dengan nama-nama yang bakal tersemat di bawah lantaran pernah melihat aksi mereka melalui platform layar kaca. Tak jarang, mereka juga kerap menjadi pembeda dalam setiap laga. Siapa saja? Berikut daftarnya.