5 Fakta Klub Anti Mainstream yang Menuai Perhatian - Vivagoal.com
5 Fakta Klub Anti Mainstream yang Menuai Perhatian

5 Fakta Klub Anti Mainstream yang Menuai Perhatian

Heri Susanto - November 2, 2022
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Mendukung tim sepakbola yang berbeda bisa memberikan warna tersendiri. Mendukung tim yang terbilang biasa saja bisa membuat seseorang terlihat lebih keren dibanding fans sepakbola pada umumnya.

Di luar dari kota tempat fans sepakbola bermukim, rasanya mudah saja menemukan kelompok yang menggemari tim tertentu. Kota Roma akan terbagi dengan fans AS Roma dan Lazio sementara Turin dibelah oleh Juventus dan Torino dan berbagai tempat lain.

Kepopuleran sepakbola pun merambah ke seluruh dunia berkat akses informasi yang cepat seperti televisi dan Internet. Berbagai negara di belahan dunia bisa mengakses pertandingan tim-tim favorit mereka dari Eropa maupun berbagai negara lain. Hal tersebut pun berdampak pada tingginya eksposur dan “rasa memiliki” dari pecinta sepakbola.

Di Indonesia saja, banyak kelompok fans sepakbola tim Eropa mulai dari Inter Milan, Real Madrid, Manchester City, PSG hingga Ajax Amsterdam dan Bayern Munich. Komunitas tersebut berdiri atas dasar kecintaan yang sama terhadap sebuah klub. Bahkan ketika tim ataupun pemain asing dengan profil besar main di Indonesia, bisa dipastikan stadion akan terisi full house.


Baca Juga:


Seperti layaknya tesis yang selalu memiliki antitesis, sisi mainsterm sepakbola juga memiliki anti-mainsterm tersendiri. Mereka yang memilih pilihan untuk tampil beda sudah barang tentu tak mengikuti budaya populer untuk mendukung tim-tim berprestasi saja. tim medioker atau bahkan tim besar yang lama terlelap bisa menjadi opsi untuk didukung.

Sulitnya mencari layanan untuk menonton tim tersebut secara legal maupun ilegal menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Terlebih mendapatkan marchendise-nya. Vivagoal telah merangkum 5 tim sepakbola anti-mainstrem yang menuai perhatian dan lumayan layak dijadikan opsi untuk didukung. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.