5 Fakta Michel Platini, Legenda Juventus

0
310
5 Fakta Michel Platini, Legenda Juventus

Vivagoal 5 Fakta – Bagi penggemar sepakbola era 80-90-an, siapa yang tidak kenal dengan legenda Juventus, Michel Platini. 

Selama karirnya, Michel Platini pernah bermain untuk klub Nancy, Saint-Étienne, dan Juventus . Dijuluki sebagai Le Roi atau dalam bahasa Indonesia artinya ‘Raja’, ia memiliki kemampuan dan kepemimpinan yang tidak perlu diragukan.

Meskipun memiliki peran utama sebagai playmaker lini tengah , ia adalah pencetak gol yang produktif. Dia berhasil memenangkan penghargaan Capocannoniere Serie A tiga kali berturut-turut yakni pada tahun 1983,1984 dan 1985.

Baca Juga: 5 Fakta Mat Halil, Legenda Persebaya

Ia merupakan pencetak gol terbanyak Juventus dalam pertandingan Piala Eropa pada musim 1984-85. Pada laga final tersebut, Juventus berhasil  mengalahkan lawannya.

Platini adalah pemain kunci tim nasional Prancis yang memenangkan Kejuaraan Eropa 1984, sebuah turnamen di mana ia adalah pencetak gol terbanyak dan pemain terbaik. Ia juga pernah mencapai semi final Piala Dunia pada tahun 1982 dan 1986 .

Bersama dengan gelandang Alain Giresse , Luis Fernández dan Jean Tigana , ia membentuk tim yang sering disebut carré magique -julukan kotak ajaib di negara Italia- dari tim Prancis pada 1980-an.

Platini adalah pencetak gol terbanyak di timnas Prancis hingga 2007. Ia juga memegang rekor untuk sebagian besar gol yang dicetak di Kejuaraan Eropa saat Prancis berhasil meraih kemenangan pada tahun 1984.

Untuk itu, kali ini VIGO akan merangkum 5 fakta Michel Platini, Legenda Juventus yang sulit diingat oleh para penggemarnya:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here