5 Fakta Michel Platini, Legenda Juventus

0
406

1. Awal Karir Platini di Prancis

Platini

Awal karir junior Michel Platini berada di klub lokal tempat kelahirannya, AS Joeuf. Usai melakukan permainan terbaiknya, dia ditarik oleh Nancy. Platini telah memulai karir sepakbola profesionalnya di klub Liga Prancis, Nancy sejak tahun 1972. Disana, ia langsung diberikan amanat menjadi pemain utama klub setelah selalu tampil impresif saat bermain.

Namun lambat laun, penampilan buruk Nancy sempat membuat klub ini terdegradasi. Namun, Nancy langsung memberikan performa terbaiknya dan kemudian langsung masuk tim promosi usai menjadi juara Ligue 2.

Di Nancy, Michel Platini sering dinobatkan menjadi top skor klub dengan beberapa kali mencetak gol lewat free kick. Tendangan yang akurat menjadi andalannya dan salah satu spesialisnya.

Baca Juga: 5 Fakta Sang Legenda Bryan Robson

Diketahui bahwa Platini sempat beberapa kali mendapatkan masalah cedera. Akan tetapi, saat Platini dalam kondisi fit, ia tetap jadi andalan klub Prancis tesebut. Bahkan, Platini pernah menduduki tiga besar Ballon d’Or pada tahun 1977.

Klub Nancy berhasil menjadi juara Coupe de France atau Piala Prancis pada tahun 1978. Platini berkarir di Nancy dan menjadi salah satu pemain terbaik dalam sejarah klub dengan penampilan selama tujuh musim.

Akhirnya, Michel Platini hengkang ke klub Ligue 1 lain yakni Saint-Etienne di tahun 1979. Platini berada di Saint-Etienne selama tiga musim. Dia berhasil dan sukses meraih juara Ligue 1 atau Liga Prancis pertamanya di tahun 1981. Kendati demikian, Platini harus rela finish diposisi runner up Piala Prancis pada tahun 1981 dan 1982.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here