Vivagoal5 FaktaGelar Piala Super Eropa berhasil dikantongi Real Madrid setelah mengalahkan Manchester United dengan skor 2-1. Madrid sempat unggul lewat gol Casemiro dan Isco dimenit ke-24 dan 52. Setelah itu, Lukaku sempat memperkecil ketertinggalan dimenit ke-62. Hingga akhir pertandingan, skor 2-1 tetap bertahan hingga pertandingan berakhir dan Madrid resmi menjadi juara Piala Super Eropa 2017.

Trofi yang didapat oleh Bale dkk pada laga tersebut kembali menambah koleksi gelar yang telah diraih oleh Los Blancos hingga kini. Selain itu hal ini juga menjadi motivasi tambahan bagi para punggawa Madrid dalam menyambut La Liga yang akan segera bergulir minggu depan (19 Agustus).

Dibalik gelar juara tersebut, ada banyak cerita menarik mengenai sejarah Real Madrid selama berlaga di Piala Super Eropa. Skuat Los Blancos memang memiliki banyak cerita menarik yang ada. Berikut ini, Vivagoal akan memberikan informasi mengenai 5 fakta Real Madrid di Piala Super Eropa.

 

  • Gelar keempat dan kedua kali berturut-turut selama turnamen

Kemenangan Real Madrid di laga Piala Super Eropa kontra Manchester United pada Rabu dini hari tadi (9/8/2017) turut mengantarkan Madrid meraih gelar keempat dalam keikutsertaan mereka di ajang Piala Super Eropa.

Gelar pertama Madrid diraih pada tahun 2002 yakni masa keemasan Los Blancos dalam skuat bintang. Setelah itu, Madrid kembali meraih gelar ini pada tahun 2014.

2 gelar sisanya diraih pada tahun 2016 dan 2017. Hal ini membuat Madrid mendominasi ajang Piala Super Eropa dalam 2 tahun terakhir. Selain itu, Madrid menjadi klub kedua yang mampu meraih gelar Piala Super Eropa secara berturut-turut setelah Milan sebagai yang pertama pada tahun 1989 dan 1990.

 

  • Klub terbanyak kedua dalam soal perolehan gelar

Sebelumnya Real Madrid hanya mengantongi 3 gelar Piala Super Eropa. 1 gelar baru membuat mereka naik ke peringkat kedua dalam klub terbanyak yang meraih gelar tersebut. Madrid kini mengantongi 4 gelar dan hanya kalah oleh Barcelona dan AC Milan yang telah mengantongi 5 gelar hingga kini.

Madrid berpeluang menambah gelar tersebut sekaligus menyamakan perolehan gelar mereka dengan Milan dan Barca asalkan mereka bisa meraih gelar Liga Champion musim depan sehingga, mereka bisa berpartisipasi sekali lagi di ajang tersebut.

 

  • Kemenangan Madrid = Kemenangan Spanyol

Gelar yang diraih oleh Real Madrid juga turut berimbas pada prestasi klub-klub asal Spanyol di ajang Piala Super Eropa. Hingga kini, klub-klub yang berasal dari Spanyol telah menyumbang 14 trofi termasuk 1 trofi baru yang barusan diraih oleh Real Madrid selepas mengalahkan MU.

Spanyol unggul jauh atas beberapa negara yang turut mengisi daftar perolehan trofi seperti Italia, Inggris, Belgia, dan beberapa negara Eropa lainnya. Spanyol berada di peringkat pertama sebagai yang terbanyak dalam mendapatkan gelar Piala Super Eropa dengan 14 gelar.

Di peringkat kedua, ada Italia yang mengoleksi 9 gelar serta Inggris yang ada di peringkat ketiga dengan mengantongi 7 gelar.

 

  • Dominasi Spanyol tak terbantahkan

Bukan hanya soal jumlah gelar yang dikantongi klub-klub Spanyol saja, dominasi klub-klub Spanyol di ajang Piala Super Eropa memang tak terbantahkan. Mereka beberapa kali meraih gelar di ajang tersebut sehingga, dominasi klub-klub asal Spanyol begitu kentara.

Sejak tahun 2009, klub-klub asal Spanyol begitu mendominasi ajang Piala Super Eropa. Kala itu, Barcelona berhasil mengantongi gelar tersebut. Dilanjut oleh Atletico Madrid pada tahun 2010 dan seterusnya.

Hanya Bayern Munchen yang sempat mematahkan dominasi klub-klub Spanyol saat mengantongi gelar tersebut pada tahun 2013. Setelah itu, Madrid muncul dan meraih gelar tersebut pada tahun 2014, Barca pada tahun 2015 dan Madrid meraih gelar itu 2 kali berturut-turut selama tahun 2016 dan 2017.

 

  • Real Madrid telah berpartisipasi selama 6 kali

Dalam ajang Piala Super Eropa, Real Madrid telah berpartisipasi selama 6 kali. Dalam 6 kali keikutsertaan Madrid di ajang tersebut, Madrid berhasil mengantongi 4 gelar pada tahun 2002, 2014, 2016 dan 2017.

Selain itu, keikutsertaan Madrid turut berpengaruh pada keikutsertaan klub-klub Spanyol di ajang tersebut. Klub-klub asal Spanyol tercatat telah mengikuti ajang tersebut sebanyak 25 kali semenjak turnamen ini bergulir.

Selalu update 5 fakta terbaru sepakbola, highlights dan berita bola hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply