Vivagoal5 FaktaSeorang pelatih klub memiliki peranan penting. Masa depan dari sebuah klub tergantung dari kinerja sang pelatih selama melatih klub.

Dalam melatih sebuah klub, seorang pelatih biasanya ditentukan oleh masa kontrak yang telah disepakati sebelumnya. Jika ia berprestasi maka, sang pelatih akan dipertahankan atau malah dilepas jika hasil sebaliknya.

Masa depan seorang pelatih sangat ditentukan oleh kinerja klub yang ditunjukkan lewat performanya selama satu musim. Hal ini tak jarang memakan banyak nama pelatih yang harus menghadapi pemecatan akibat hasil yang jauh dibawah target.

Namun, tak jarang juga ada beberapa nama pelatih yang bertahan dalam sebuah klub dalam waktu lama. Ada yang sampai 10 tahun, 20 tahun bahkan lebih. Untuk ini, Vivagoal telah mengumpulkan 5 nama dengan durasi kepelatihan terpanjang di dunia dalam 5 fakta pelatih dengan rekor karir terpanjang.

 

  • Guy Roux (Auxerre – 44 tahun)

Guy Roux menjadi pelatih terlama yang pernah melatih sebuah klub. Roux menangani Auxerre dari tahun 1961 – 2005. Selain itu, ia juga menjadi pemain Auxerre selama masih merumput sebagai pemain.

Di bawah asuhan Roux, Auxerre meraih banyak gelar. Selain itu, ia juga dikenal sebagai salah satu pelatih yang berjasa dalam mengorbitkan beberapa nama pemain hebat seperti Eric Cantona, Basile Boli, Alain Goma, Djibril Cisse, Laurent Blanc, dan Phillipe Mexes.

 

  • Willie Malley (Glasgow Celtic – 43 tahun)

Pelatih kedua yang masuk kedalam daftar ini adalah Willie Malley. Pelatih kelahiran Irlandia tersebut menjabat sebagai pelatih Celtic selama 43 tahun. Ia mulai mengemban tanggung jawab tersebut pada usia 29 tahun.

Dalam era kepelatihannya, Willie sudah berjasa dalam membawa Celtic meraih 63 gelar seperti gelar Piala Skotlandia, Liga Skotlandia, dan Piala Glasgow. Ia juga termasuk sebagai salah satu pelatih tersukses berkat banyaknya gelar yang telah ia sumbangkan.

 

  • Bill Struth (Glasgow Rangers – 34 tahun)

Bill Struth melatih Glasgow Rangers selama 34 tahun. Ia mendapatkan mandate sebagai pelatih pada usia 45 tahun. Kala itu, ia menggantikan William Wilton yang meninggal karena kecelakaan kapal.

Struth berhasil menyumbangkan 73 gelar selama ia melatih Rangers. Setelah memutuskan untuk pensiun, ia diangkat sebagai wakil presiden dari klub tersebut.

 

  • Mickey Evans (Caersws – 31 tahun)

Ia menjabat sebagai pelatih Caersws selama 31 tahun dan ia mulai menjabat sebagai pelatih dari klub itu dari usia 36 tahun.

Di Caersws, ia bertahan hingga usia 68 tahun. Selama melatih klub itu, ia telah menyumbangkan banyak gelar seperti 3 gelar Liga serta membawa Caersws hingga ajang Piala UEFA Intertoto di tahun 2002. Ketika tidak melatih, ia melanjutkan pekerjannya sebagai pekerja di kilang minyak.

 

  • Ronnie McFall (Portadown – 30 tahun)

Ronnie McFall menjabat sebagai pelatih dari klub Irlandia Utara, Portadown selama 30 tahun. Sebelum melatih di klub ini, ia juga pernah menjabat sebagai pemain di klub ini juga.

Dalam sejarah Liga Irlandia, McFall termasuk sebagai salah satu manajer tersukses karena, ia berhasil menyumbangkan 4 Piala Irlandia, 5 gelar Liga Irlandia, dan 20 gelar lainnya selama menangani Portadown.

Selalu update 5 fakta terbaru sepakbola, highlights dan berita bola hanya di Vivagoal.com

Leave a Reply