Kali Pertama Cetak Gol, Alisson Langsung Masuk Buku Rekor Premier League
Alisson Becker, Foto: dok The Sun

Cetak Satu Gol, Kiper Liverpool Langsung Pecahkan Tiga Rekor Sekaligus

A Hendra - May 17, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Inggris – Satu gol Alisson Becker bukan cuma jadi penentu kemenangan Liverpool atas lawannya, West Bromwich Albion. Namun sekaligus membuatnya masuk buku sejarah dengan memecahkan tiga rekor sekaligus!

Menantang West Bromwich Albion yang sudah pasti terdegradasi di Stadion The Hawthorns, Minggu (16/5) malam WIB, Liverpool terlihat kesulitan sedari menit awal. The Reds bahkan sudah tertinggal duluan lewat gol Hal Robson-Kanu di menit ke-15.

Namun, Mohamed Salah bisa mencetak gol penyama kedudukan di menit ke-32. Tapi setelahnya, Liverpool dibuat frustrasi karena beberapa kali peluang yang didapat gagal berbuah gol.

Ketika laga tampaknya akan berakhir imbang, Liverpool mendapat sepak pojok di menit ke-90+4 atau menit akhir injury time. Beruntung, bola sepakan Trent Alexander-Arnold yang bergulir ke arah kerumunan pemain mampu dijangkau Alisson yang melompat tinggi untuk menanduknya dan gol.

Liverpool pun menang dengan 2-1 sekaligus menjaga kansnya untuk finis empat besar musim ini. Saat ini, pasukan Jurgen Klopp menempati posisi kelima klasemen dengan 63 poin, selisih satu angka dari Chelsea di posisi keempat serta tiga angka dari Leicester City di posisi ketiga.


Baca Juga:


Khusus untuk Alisson, satu golnya di laga itu sekaligus membuatnya masuk buku sejarah Liga Inggris sebagai kiper pertama yang bikin gol penentu kemenangan timnya. Sekaligus jadi kiper ke-6 yang bisa mencatatkan namanya di papan skor kasta tertinggi sepakbol Inggris.

Artinya, sebelum Alisson memang sudah ada lima kiper yang bikin gol, tapi tidak ada yang se-krusial Alisson.

Kiper pertama yang bikin gol di Premier League adalah Peter Schmeichel saat timnya Aston Villa kalah 2-3 dari Everton pada Oktober 2001, lalu Brad Friedel pada Februari 2004 saat Blackburn Rovers kalah 2-3 dari Charlton Athletic.

Paul Robinson bikin gol buat Tottenham Hotspur saat mengalahkan Watford 3-1 pada Maret 2007, kemudian ada Tim Howard saat Everton kalah 1-2 dari Bolton Wanderers pada Januari 2012. Kiper terakhir yang bikin gol di Premier League adalah Asmir Begovic saat Stoke City berimbang 1-1 kontra Southampton pada November 2013.

Yang makin bikin gol Alisson Becker gemilang adalah dia jadi kiper Liverpool pertama dalam sejarah klub yang bisa bikin gol.

“Alisson adalah pemain kami, sahabat, dan anak kami. Ketika dia menderita, semuanya menderita. Dalam momen sulit seperti ini. Ada banyak hal yang lebih penting daripada sepakbola.” ucap sang pelatih, Jurgen Klopp seperti dikutip dari BBC Sport.

“Tapi, ketika sepakbola bisa membuat momen indah seperti ini untuknya, lalu seluruh pemain serta fans, maka untuk beberapa saat, sepakbola adalah yang paling penting di dunia ini,” pungkas Klopp. (ARI)

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Inggris hanya di Vivagoal.com