5 Fakta Klub yang Belum Pernah Terdegradasi

5 Fakta Klub yang Belum Pernah Terdegradasi

Heri Susanto - December 6, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal Berita Bola Menjadi tim yang konsisten tampil di piramida teratas kompetisi sepakbola di setiap negara jelas merupakan sebuah impian. Namun, hanya sedikit tim yang mampu mendulang status tersebut di berbagai kompetisi. Siapa saja?

Konsistensi sebuah tim sepakbola merupakan hal yang wajib dilakukan. Terus mentas di kasta teratas bakal membuat tim menemukan komposisi terbaik dan berprestasi di kemudian hari. Ada jalan panjang yang jelas harus dilalui. Mencapai sebuah konsistensi jelas merupakan sebuah pekerjaan yang susah-susah gampang.

Norwich City misal. Tim asal Inggris kerap dianggap sebagai tim yoyo. Mereka beberapa kali keluar masuk Premier League-Championship dalam beberapa tahun terakhir. Prestasi tim dianggap bagus kala mentas di kasta kedua. Namun saat mentas di kasta utama, mereka justru loyo.

Di luar Norwich, beberapa tim lain juga memiliki nasib serupa. Watford, Hertha Berlin, Cagliari, Brescia masuk di antaranya. Bertahan di kasta teratas memang tak semudah yang dibayangkan. Bahkan, beberapa tim besar macam Man United, Juventus hingga River Plate pernah merasakan pahitnya terdegradasi ke kasta dua.


Baca Juga:


Di luar nama-nama tersebut, ada pula berbagai tim yang tetap konsisten mentas di kasta teratas. Mereka belum pernah sekalipun terdegradasi. Beberapa di antaranya bahkan menyandang status sebagai salah satu tim terbaik di kancah domestik dan juga Eropa.

Siapa saja tim berikut? Vivagoal sudah merangkum lima tim yang sama sekali belum pernah mengalami pahitnya degradasi dan kerap mentas di kasta atas liganya masing-masing. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.