Demi Indonesia, Shin Tae-yong Tulis Janji di Laptop Pribadinya, Apa Itu?
Timnas Indonesia Foto: VIVAGOAL/Amirul Mukmin

Demi Indonesia, Shin Tae-yong Tulis Janji di Laptop Pribadinya, Apa Itu?

Muhammad Ilham - August 20, 2024
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalLiga IndonesiaShin Tae-yong nampaknya benar-benar jatuh cinta dengan Timnas Indonesia. Bahkan, pria asal Korea Selatan tersebut menuliskan janji untuk sepakbola dalam negeri di laptop pribadinya.

Dalam wawancara eksklusifnya bersama media Korea Selatan, KBS WORLD Indonesian, Shin Tae-yong membeberkan alasannya menerima pinangan Timnas Indonesia. Dirinya merasa jika kehadirannya bisa mengubah sepakbola Indonesia.

Hal tersebut perlahan terlihat, Timnas Indonesia mulai diperhitungkan oleh negara-negara Asia Tenggara, bahkan Asia. Yang terakhir mereka sukses menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Demi Timnas, Shin Tae-yong Tulis Janji Untuk Sepakbola Indonesia di Laptop Pribadinya, Apa Itu?
Timnas Indonesia
Foto: VIVAGOAL/Amirul Mukmin

Tapi, Shin Tae-yong tidak mau berpuas diri. Ia masih tetap jadi pribadi yang sama saat tiba di Indonesia, begitu pula niatnya. Pria berumur 53 tahun tersebut bahkan menuliskan janjinya di laptop pribadinya yang bertuliskan ‘Jangan kehilangan niat awal kita’.

“Sekarang, di laptop saya pun saya tulis, ‘Jangan kehilangan niat awal kita’. Karena jika seseorang sudah mencapai posisi tinggi lingkungan bisa membuatnya menjadi berlebihan,” kata Shin Tae-yong.

“Kadang itu juga terjadi pada saya. Saya berusaha selalu ingat posisi sebelumnya dan tidak kehilangan niat awal,” tambahnya.


Baca Juga:


Prinsip tersebut ia juga terapkan kepada para pemainnya. Shin Tae-yong menegaskan jika Marselino Ferdinan, Thom Haye, dan kawan-kawan tidak boleh cepat berpuas diri, harus tetap berusaha, dan selalu merasa kurang karena kemampuan itu hanya setipis kertas.

“Saya selalu mengatakan kepada para pemain saya bahwa mereka harus selalu merasa kurang, berusaha keras, dan bersedia berkorban untuk tim. Karena perbedaan kemampuan itu hanya setipis kertas.”

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vivagoal (@vivagoal)

“Saya selalu menekankan kepada para pemain saya pentingnya semangat pengorbanan. Kalian harus bersedia berkorban untuk tim dan rekan-rekan kalian. Saya selalu menekankan hal itu,” ucap Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong punya kesempatan untuk bisa menjadi pahlawan negeri ini di ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Tergabung di grup neraka bersama Timnas Australia, Jepang, Arab Saudi, Bahrain, dan Cina, Indonesia menjadi tim yang tidak diperhitungkan bagi banyak pihak.

Tapi, sepakbola itu bundar, tidak ada yang tidak mungkin dan pasti. Shin Tae-yong dan anak asuhnya akan mendobrak hal itu dan mewujudkan impian 275 juta warga Indonesia yaitu tampil di Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com