Karena Presiden Lazio, Salernitana Terancam Batal Tampil Di Serie A - Vivagoal.com
Aduh! Gara-Gara Presiden Lazio, Salernitana Terancam Batal Tampil Di Serie A
Claudio Lotito, Presiden Lazio dan Salernitana, Foto: dok Sportmediaset

Karena Presiden Lazio, Salernitana Terancam Batal Tampil Di Serie A

A Hendra - May 11, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Serie A – Salernitana resmi mendapatkan satu tiket promosi ke Serie A untuk musim depan. Namun, kesempatan untuk bermain di kompetisi teratas sepakbola di Italia itu bisa batal kalau ulah Presiden Lazio, Claudio Lotito.

Salernitana baru saja dipastikan lolos ke Serie A usai menumbangkan Pescara 3-0 di pekan terahir Serie B. Keberhasilan itu menjadi yang pertama kalinya didapatkan Salernitana setelah 23 tahun lamanya berkutat di kasta kedua sepakbola Italia.

Dengan koleksi 69 poin, Salernitana sukses menutup perjalanan di Serie B musim ini sebagai runner-up kompetisi, empat poin di belakang Empoli yang keluar sebagai juara. Di sisi lain, Pescara dipastikan turun ke Serie C karena cuma bisa mengemas 32 poin dan menempati posisi ke-19.

Kepastian Salernitana promosi ke Serie A didapat setelah Monza menderita kekalahan 0-2 dari Brescia dan akhirnya harus puas finis di posisi ketiga dengan 64 poin. Selanjutnya, Monza bakal bertarung di play-off promosi bersama Lecce, Venezia, Cittadella, Brescia, dan Chievo Verona.

Namun kans Salernitana untuk bisa main di Serie A terancam dianulir setelah adanya larangan FIFA. Peraturan tersebut tidak mengizinkan dua klub dengan satu kepemilikan bertarung di satu kompetisi yang sama.

Salernitana sendiri diketahui dimiliki oleh presiden Lazio, Claudio Lotito. Lolito membeli Salernitana sejak 2011 usai klub tersebut dinyatakan bangkrut.


Baca Juga:


Bersama saudara iparnya, Marco Mezzoroma, Lotito mendaftarkan Salerno Calcio berkompetisi di Serie D. Setahun berikutnya Lotito membeli lisensi nama Salernitana dan mengembalikan nama klub seperti semula.

Menurut aturan FIFA, tidak boleh ada dua klub atau lebih berada pada satu kompetisi dengan dimiliki oleh pihak yang sama. Presiden FIGC (federasi sepakbola Italia), Gabriele Gravina, mengonfirmasi bahwa Lotito tidak punya alternatif selain menjual salah satu klubnya.

“Ini adalah aturan yang sejalan dengan FIFA yang tidak mengizinkan kepemilikan lebih dari satu klub di tingkat profesional yang sama,” kata Gravina seperti dikutip dari Football Italia.

“Presiden Lotito telah meremehkan ini selama bertahun-tahun dan semua orang tahu apa yang akan terjadi. Salernitana terancam tak jadi ke Serie A andai dalam 30 hari ke depan Lotito tidak kunjung menjual salah satu klubnya.” (IRM)

Selalu update berita bola terbaru seputar Serie A Italia hanya di Vivagoal.com