AFF Tunda Penyelenggaraan Kompetisi Antar ASEAN

0
63

Vivagoal – Liga Indonesia –  Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) memutuskan menunda kick-off perdana kejuaraan antarklub ASEAN (ACC) ke tahun 2022 karena padatnya jadwal turnamen yang melibatkan Tim Nasional berbagai negara pada 2021 mendatang. 

Turnamen yang sudah direstui federasi sepakbola dunia (FIFA) itu akan melibatkan Indonesia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Malaysia sebagai penggagasnya. Di mana ACC akan menjadi ajang bagi klub-klub di Asia Tenggara untuk unjuk kebolehan.

Awalnya, ACC direncanakan akan digulirkan pada Maret tahun 2020 dengan Bali United dan Persebaya dipilih PSSI untuk ikut dalam kejuaraan tersebut. Namun merebaknya kasus COVID-19 membuat AFF menunda perhelatan tersebut ke tahun 2021.

Kendati begitu, karena banyaknya penundaan kejuaraan sepakbola yang diakibatkan oleh pandemi virus Corona, seperti FIFA yang memundurkan pelaksanaan kualifikasi Piala Dunia 2022 untuk zona Asia termasuk penyisihan Piala Asia 2023.

Ditambah lagi Piala AFF yang awalnya juga akan digelar akhir tahun terpaksa ditunda ke 2021. Alhasil, kondisi ini membuat agenda timnas berbagai negara menjadi sangat  sepanjang 2021. Itu belum termasuk pelaksanaan Liga Champions Asia (LCA) dan Piala AFC yang melibatkan klub.

“Beberapa negara mempunyai masalah tambahan kompetisi domestik mereka yang bisa memberikan pengaruh. Dengan situasi seperti itu, ditambah tidak adanya kepastian terkait waktu penyelenggaraan kompetisi di 2021, kami bersama sponsor memutuskan untuk menilai ACC ke 2022.


Baca Juga: 


“ACC adalah pilar utama strategi pembangunan regional kami. Kami telah sepakat memundurkan jadwal ke 2022 dan ini dianggap sebagai keputusan yang tepat pada saat seperti sekarang. Kita tahu 2021 akan menjadi musim yang padat, dan itu tidak menguntungkan bagi acara ini maupun anggota kami,” ucap Khiev Sameth, presiden AFF seperti dikutip dari laman resmi AFF.

Selalu update berita terbaru seputar  Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here