Analisis Gol Kontroversial Mbappe ke Gawang Spanyol - Vivagoal.com
Analisis Gol Kontroversial Mbappe ke Gawang Spanyol
Kylian Mbappe, Foto: dok Inilah Koran

Analisis Gol Kontroversial Mbappe ke Gawang Spanyol

A Hendra - October 11, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

VivagoalInternasional – Timnas Spanyol meradang usai dikalahkan Prancis di final UEFA Nations League. Beberapa penggawa La Furia Roja menilai Les Bleus diuntungkan dengan sebuah keputusan kontroversial yang melibatkan gol Kylian Mbappe.

Spanyol gagal meraih trofi perdananya di pentas UEFA Nations League. Bertanding di Allianz Stadium, Senin (11/10) dinihari WIB, La Furia Roja takluk dengan skor 1-2. Kylian Mbappe menjadi mimpi buruk buat tim Matador lewat golnya di jelang laga usai setelah gol Mikel Oyarzabal dan Karim Benzema sukses menutup laga dengan golnya di menit ke-80.

Yang jadi masalah kemudian adalah proses terciptanya gol Mbappe. Para punggawa Spanyol sempat memprotes gol penyerang Prancis lantaran dianggap berada dalam posisi offside sebelum menerima umpan Theo Hernandes. Kontroversi pun lahir karena wasit dan VAR sama sekali tidak menganggap Mbappe melakukan pelanggaran dan tetap mensahkan gol tersebut.

“Setiap orang yang bermain sepakbola tahu bahwa dia offside. Siapa pun yang membuat aturan ini tidak pernah bermain sepak bola, dia tidak tahu apa yang terjadi,” kata Mikel Oyarzabal seperti dilansir dari RMC Sports.


Baca Juga:


Di sisi lain, mantan wasit LaLiga Iturralde Gonzalez menilai wasit sudah mengambil keputusan yang tepat dengan mensahkan gol Mbappe. Menurutnya, Mbappe tidak berada dalam posisi offside setelah Eric Garcia melakukan sentuhan pada bola sebelum terjadi gol.

“Mbappe memang memulai dalam posisi offside, itu sudah tidak diragukan lagi,” kata Iturralde Gonzalez dikutip dari Marca.

“Tapi Garcia sebenarnya sempat mencoba membersihkan bola meski tidak begitu jelas dilihat. Dalam tayangan ulang, Garcia meluncurkan dirinya ke tanah untuk menyapu bola dan dia menyentuh bola, maka gol itu sah. Eric berada di lapangan dan melakukan kontak pada bola, itu jelas membantu Mbappe,” paparnya. (HS)

Selalu update berita bola terbaru seputar sepak bola dunia hanya di Vivagoal.com