Andai Kemampuan Tendangan Bebas Ronaldo Masih Ada .. - Vivagoal.com
Andai Kemampuan Tendangan Bebas Ronaldo Masih Ada ..
Cristiano Ronaldo, Foto: dok Fakta News

Andai Kemampuan Tendangan Bebas Ronaldo Masih Ada ..

A Hendra - June 28, 2021
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Berita Bola –Timnas Portugal harus angkat koper dari Piala Eropa 2020 usai ditaklukkan Belgia di babak 16 besar. Namun hasil itu bisa berbeda andai kemampuan mencetak gol Ronaldo dari eksekusi tendangan bebas masih ada.

Bertanding di Estadio La Cartuja, Sevilla, Spanyol, Senin (28/6) dini hari WIB, Portugal yang berstatus juara bertahan harus menerima kenyataan tersingkir dari Euro 2020 usai kalah 0-1 dari Belgia lewat gol Thorgan Hazard di menit ke-42.

Ronaldo sendiri sejatinya tampil cukup baik di laga tersebut dibuktikan dengan empat tembakan yang dilepaskan dengan satu diantaranya on target, plus mengkreasikan tiga umpan kunci. Meski begitu, sorotan tetap banyak mengarah kepadanya akibat buruknya eksekusi tendangan bebas pemain Juventus tersebut.

Pada menit ke-25, Portugal mendapatkan shot on target pertamanya melalui eksekusi tendangan bebas Ronaldo. Namun upaya pemilik 5 Ballon d’Or itu masih bisa diredam Thibaut Courtois, kiper Belgia.

Ronaldo kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol melalui freekick pada menit ke-54. Mengambil inisiatif melakukan tembakan dengan ancang-ancang knuckle-shoot andalannya, yang terjadi sepakannya jusru membentur pagar betis yang dibentuk pemain Belgia.


Baca Juga:


Ian Wrigt yang berstatus penyerang legendaris Inggris dan saat ini bekerja sebagai pundit menyayangkan kegagalan Ronaldo memanfaatkan peluang melalui eksekusi tendangan bebas. Menurutnya, andai kualitas bikin gol Ronaldo dari Freekick masih ada, bisa jadi hasilnya akan berbeda.

“Courtois punya waktu yang cukup untuk menahan tendangannya (Ronaldo). Ditambah lagi, Ronaldo memang sudah tak terlalu banyak mencetak gol dari free kick.

“Berapa banyak gol dari tendangan bebas yang benar-benar bisa dicetak Ronaldo? Saya membaca sesuatu yang mengatakan, dia kini cuma mencetak satu gol dari 50 kesempatan. Ini seperti mitos, bahwa pemain seperti Ronaldo seburuk itu,” ucap Ian Wright seperti dilansir dari BBC Sport.

Untuk informasi, Cristiano Ronaldo memang dikenal punya eksekusi tendangan bebas mematikan. Ragam bukti telah ia sajikan dengan bisa dibilang, telah ada puluhan penjaga gawang, baik di level klub mau timnas yang pernah merasakan tidak enaknya dibobol free kick Ronaldo.

Tapi, sejak memutuskan pindah ke Juventus pada medio 2018 lalu, kemampuan Ronaldo dalam hal mengeksekusi bola-bola mati seolah menghilang begitu saja. Berdasarkan catatan Opta, sejak berkostum Bianconeri, total Ronaldo cuma bisa bikin satu gol dari 76 kesempatan yang didapatkan melalui tendangan bebas.

Adapun satu golnya dari free kick tersebut sudah terjadi cukup lama, yakni pada Juli 2020 kala Juventus menang 3-1 atas Torino. Tapi parahnya, gol tendangan bebas ke gawang Torino itu pun terjadi di percobaan ke-43 yang dilakukan Ronaldo. (DES)

Selalu update berita bola terbaru seputar Euro 2020 hanya di Vivagoal.com