APPI Sebut FIFA dan AFC Akan Intervensi Pemberhentian Liga 2 - Vivagoal.com
APPI Sebut FIFA dan AFC Akan Intervensi Pemberhentian Liga 2
Pertemuan antara perwakilan Liga 2, APPI, dan Menpora di kantor Kemenpora, Senin (30/1) siang WIB. Foto: VIVAGOAL/Muhammad Ilham

APPI Sebut FIFA dan AFC Akan Intervensi Pemberhentian Liga 2

Muhammad Ilham - January 30, 2023
Dibaca Normal dengan Waktu Menit

Vivagoal – Liga Indonesia – Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) mengonfirmasi jika FIFA, FIFPRO, dan AFC akan coba intervensi terkait pemberhentian Liga 2 2022/23. Hal tersebut diutarakan dalam pertemuan antara APPI, perwakilan klub Liga 2, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, pada Senin (30/1) siang WIB.

Andritany Ardhiyasa, Presiden APPI, dan M. Hardika Aji, CEO APPI, hadir dalam rapat yang dilaksanakan di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tersebut. Usai rapat, Hardika Aji membenarkan adanya intervensi FIFA dan AFC perihal pemberhentian Liga 2 oleh Exco PSSI.

Sebelumnya, FIFPRO sudah merilis jika mereka ingin FIFA dan AFC intervensi langsung soal pemberhentian Liga 2. Dalam pernyataan tertulisnya, Sekretaris Jenderal (Sekjen) FIFPRO, Simon Colosimo, mengatakan pemberhentian Liga 2 yang diambil Exco PSSI dilakukan secara sepihak.

“Hal ini sudah menjadi perhatian di level internasional. Seperti yang teman-teman tahu bahwa FIFPRO sudah bergerak, dan kami sudah melihat salinan dari komunikasi antara FIFPRO dengan FIFA. Bahwa memang akan adanya suatu intervensi atau konfirmasi dari FIFA dan AFC terkait ketidakberlangsungan di kompetisi Liga 2,” ucap Hardika Aji kepada para wartawan.


Baca Juga:


Selain itu, Hardika Aji juga menyebutkan ketidakpastian kompetisi Liga 2 berdampak pada status pemain. Bahkan, hal tersebut sudah terjadi sejak adanya owner’s meeting antara pihak klub Liga 2, PT. Liga Indonesia Baru (LIB), serta Sekretariat Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi pada Selasa (24/1) yang lalu, di Hotel Sultan, Jakarta.

“Memang dengan adanya ketidakpastian kompetisi Liga 2, bahkan kemarin sejak adanya owner’s meeting, berimplikasi dengan adanya ketidakpastian terhadap status pemain,” kata Hardika Aji.

Namun, harapan agar Liga 2 berlanjut muncul ketika ada dukungan dari pihak-pihak klub, serta Menpora. Selain itu, pria yang juga menjabat sebagai Finance Committee di FIFPRO juga ingin harapan tersebut tidak sekadar janji semata.

APPI Sebut FIFA dan AFC Akan Intervensi Pemberhentian Liga 2
Pertemuan antara perwakilan Liga 2, APPI, dan Menpora di kantor Kemenpora, Senin (30/1) siang WIB.
Foto: VIVAGOAL/Muhammad Ilham

“Tapi, juga menjadi satu harapan ketika memang dengan adanya dukungan dari teman-teman klub yang banyak ingin berlanjut, dan juga dukungan dari pak Menteri selaku pemerintah juga mendukung Liga 2 berlanjut, sehingga ada harapan. Semoga yang ini bukan jadi harapan palsu lagi. Semoga terlaksana untuk melanjutkan Liga 2 yang berhenti,” tambahnya.

Sebelumnya, Direktur Utama (Dirut) PT. LIB, Ferry Paulus, mengatakan Liga 2 kembali dijalankan pada 24 Februari mendatang hingga berakhir Juli 2023. Dikabarkan jika lanjutan Liga 2 dilaksanakan dengan dua sistem, yakni home-away dan bubble

Selalu update berita bola terbaru seputar Liga Indonesia hanya di Vivagoal.com